Haliana Siap Hadapi Tantangan Pilkada 2024 Lewat Penjaringan DPD Wakatobi

La Ode Manarfa Nafsahu, telisik indonesia
Sabtu, 20 April 2024
0 dilihat
Haliana Siap Hadapi Tantangan Pilkada 2024 Lewat Penjaringan DPD Wakatobi
Rudi Hartono, bersama Sekretaris Penjaringan DPD Partai Demokrat Olin, memegang Formulir pendaftaran Haliana di Kantor DPD Partai Demokrat. Foto: Ist.

" Upaya menggalang kekuatan terus dilakukan Haliana, dengan mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Bupati berikutnya, melalui penjaringan di setiap partai DPD Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID – Upaya menggalang kekuatan terus dilakukan Haliana, dengan mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Bupati berikutnya, melalui penjaringan di setiap partai DPD Wakatobi.

Hal ini membuktikan kesiapan niat Haliana untuk tetap mempertahankan kedudukannya sebagai bupati di dua periode kedua.

Ketua Banteng Muda Indonesia, Rudi Hartono menjelaskan, pendaftaran ke masing-masing penjaringan partai yang terdiri dari enam partai DPD yang ada di Wakatobi.

Semua ini diupayakan untuk menggalang kekuatan dan memantapkan kesiapan memasuki proses Cabup 2024.

Baca Juga: Ikut Prosedur Partai, SKI Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Nasdem

Beberapa partai yang saat ini telah dikantongi formulir pendaftaran penjaringan antara lain yakni PDI-P, Nasdem, PAN, Hanura dan PKB.

Termasuk dengan Demokrat, yang belum lama ini telah dikembalikan formulir pendaftarannya pada Rabu (18/4/24) malam. Adapun partai di luar Demokrat, belum dikembalikan formulirnya.

Pengembalian formulir penjaringan DPD Partai Demokrat diberikan langsung oleh Rudi Hartono kepada Sekretaris penjaringan DPD Partai Demokrat, Olin di kantor DPD Partai Demokrat yang beralamat di Lingkungan Bente, Kelurahan Pongo, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi.

Rudi Hartono menjelaskan, saat ini akan menyusul pengembalian Formulir penjaringan pada setiap DPD partia lainnya.

Setelah pengembalian formulir pada DPD Partai Demokrat, maka berikutnya akan mengembalikan formulir ke DPD PDI-P.

"Setelah pengambalian formulir ke DPD Partai Demokrat selanjutnya ke DPD partai PDI-P," ujar Rudi yang juga selaku pengusung gerakan Barisan Pendukung Haliana.

Pengembalian forumlir ini sebagai langkah untuk memastikan kesiapan Haliana dalam upaya maju Cabup 2024, dengan berusaha tetap memperhatikan langkah-langkah prosedural.

Di saat dirinya masih menjabat sebagai bupati, yang masih harus menyelesaikan kewajiban, merealisasikan kebijakan serta janji saat sebelumnya telah terpilih di tahun 2021.

Sekretaris Penjaringan DPD Partai Demokrat, Olin saat dihubungi melalui panggilan WhatsApp, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah mengantongi lima nama kandidat yang telah mendaftar di penjaringan Partai DPD Partai Demokrat.

Belum lama ini, kata dia, pengembalian formulir pendaftaran penjaringan datang dari Haliana yang di wakilkan Rudi Hartono.

Upaya penggalangan kekuatan dan menunjukan sikap kesiapan maju Cabup 2024, tetap terus dilakukan, seiring dengan dukungan akar rumput yang terus mengalir.

Di samping harus senantiasa memperhatikan mekanisme prosedural dari keputusan partai, guna memperkuat langkah maju pencalonan bupati berikutnya.

Menurut Olin, Selain dari pengembalian formulir pendaftaran penjaringan oleh Haliana melalui perwakilannya Rudi Hartono, juga datang dari Hamiruddin yang merupakan kandidat bakal calon bupati 2024, yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Wakatobi, yang sekaligus merupakan lawan politik dari Haliana.

Dengan demikian baru dua orang yang telah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD Partai Demokrat.

“Untuk saat ini sudah dua orang H. Hamiruddin juga sudah kembalikan formulir,” kata Olin, Jumat (19/4/24) pagi.

DPD Partai Demokrat melalui penjaringan partai, sudah mengantongi lima nama yang mendaftar di penjaringan DPD Partai Demokrat. Namun, sejauh ini baru dua orang yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Baca Juga: Abdul Rasak Bawa Massa Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Demokrat Kendari

Olin menerangkan, saat ini pihaknya masih menunggu pengembalian formulir dari lima orang yang telah mendaftarkan diri di DPD Partai Demokrat. Selain itu juga pihaknya masih terus membuka penerimaan bagi pihak manapun yang berkeinginan mendaftarkan diri ke penjaringan DPD Partai Demokrat.

Dari kelima nama besar yang telah mendaftar di penjaringan DPD Partai Demokrat, selain dari Haliana dan Hamiruddin, juga datang Wakil Bupati Ilmiati Daud, anggota DPRD Ali Tembo, dan Aswar. Namun selain dari Haliana dan Hamiruddin, belum mengembalikan formulir pendaftaran.

Olin menerangkan, terkait menghadapi Pilkada dengan sejumlah nama besar yang telah mendaftarkan diri sebagai calon bupati pada Pilkada 2024 Kabupaten Wakatobi kesemuanya akan tetap memperhatikan mekanisme penjaringan dan keputusan partai, yang akan menyimpulkan melalui rapat partai, setelah selesai penjaringan.

Menghadapi momentum pilkada ini pihaknya sangat berharap untuk tetap berjalan dengan baik. Adapun pihak yang nantinya akan didukung semua melalui keputusan rapat, yang saat ini belum ada sama sekali keputusan. Namun, di samping itu senantiasa memperhatikan potensi kandidat berdasarkan hasil lembaga survey di masyarakat. (B)

Penulis: La Ode Manarfa Nafsahu

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga