adplus-dvertising

Hanya 310 Rumah di Lima Desa yang Akan Dapat Sambungan Air Bersih

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 20 Oktober 2021
791 dilihat
Hanya 310 Rumah di Lima Desa yang Akan Dapat Sambungan Air Bersih
Petugas PDAM melakukan survei calon penerima penyambungan air bersih. Foto: Sunaryo/Telisik

" Direktur PDAM Muna, Muhamad Nurhayat Fariki menerangkan, sebelum dilakukan penyambungan, nama-nama yang disetor desa akan disurvei kelayakannya sesuai kriteria masyarakat berpenghasilan rendah. "

MUNA, TELISIK.ID - Pasca Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kontunaga dilakukan uji coba, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna bergerak cepat melakukan pendataan terhadap calon penerima manfaat yang akan mendapatkan penyambungan air bersih.

Dari 12 desa yang akan bekerja sama dengan PDAM, hanya lima desa yang telah menyetor nama-nama masyarakat yang sambungan rumahnya (SR) dibiayai melalui Dana Desa (DD). Adalah Desa Mabodho, Kondongia, Masalili, Waara dan Mabholu.

Direktur PDAM Muna, Muhamad Nurhayat Fariki menerangkan, sebelum dilakukan penyambungan, nama-nama yang disetor desa akan disurvei kelayakannya sesuai kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).


"Kita pastikan hanya sekitar 310 rumah dari lima desa itu yang akan mendapatkan SR," kata Nurhayat Fariki, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Pemda Butur Dukung Pengembangan Nilai-Nilai Adat dan Budaya Lokal

Baca juga: Tidak Disiplin, ASN Butur harus Siap Disanksi

Setelah proses verifikasi, akan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PDAM dan desa terkait teknis penyambungan dan pengelolaannya.

"Setelah MoU, kita langsung lakukan penyambungan," timpalnya.

Anggota DPRD Muna sudah memastikan air akan mengalir dari sumber mata air Jompi hingga ke bak penampungan di Desa Masalili.

Andi Sapri, anggota Komisi III DPRD Muna berpesan pada para Pj Kepala Desa yang akan melakukan kerja sama dengan PDAM agar segera memasukkan nama-nama calon penerima manfaatnya.

"Jangan lagi ada keraguan. Air sudah pasti mengalir," ujar politisi PDIP itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Rustam menerangkan, dalam proses penyambungan air bersih, pihaknya sebatas memfasilitasi dengan desa.  

"Sementara berproses, kita minta desa yang akan bekerja sama segera menyetor nama calon penerima manfaat di PDAM," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga