adplus-dvertising

Hanya 8 Orang, Ini Nama Anggota Paskibraka HUT ke-75 RI Termasuk Asal Sultra

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 07 Agustus 2020
2893 dilihat
Hanya 8 Orang, Ini Nama Anggota Paskibraka HUT ke-75 RI Termasuk Asal Sultra
Muhammad Arief Wijaya (kanan) Paskibraka asal Sultra, berfoto bersama Presiden RI Joko Widodo. Foto: Repro Instagram @arifwijaya01

" Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, tunjukkan performa terbaik, kalian pantas terpilih dari sekian banyak orang. Ini monumental dan bersejarah bagi hidup Saudara, kebanggaan keluarga, sekolah, kabupaten, provinsi, dan 267 juta rakyat Indonesia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kemenpora mengumumkan delapan orang terpilih, menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara.

Kedelapan orang ini akan dikukuhkan Presiden Jokowi dalam waktu dekat. Salahsatunya anggota Paskibraka berasal dari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dilansir dari situs Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis (6/8/2020), kedelapan anggota Paskibraka sudah diberi pembekalan oleh Menpora Zainudin Amali.


Menurut Amali, ia ingin anggota Paskibraka tahun ini menggunakan kesempatan sebaik-baiknya.

"Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, tunjukkan performa terbaik, kalian pantas terpilih dari sekian banyak orang. Ini monumental dan bersejarah bagi hidup Saudara, kebanggaan keluarga, sekolah, kabupaten, provinsi, dan 267 juta rakyat Indonesia," kata Amali dikutip dari Detik.com.

Ini nama-nama 8 anggota Paskibraka terpilih:

1. Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen, Aceh)

2. I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita (SMAN 1 Mendoyo, Bali)

3. Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu)

4. Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari, Sultra)

5. Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalsel)

6. Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumut)

7. Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut Tulungagung, Jatim)

8. Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima, NTB).

Baca juga: Mantan Mendes Minta Vaksin COVID-19 Harus Gratis Buat Masyarakat

Direncanakan, 8 anggota Paskibraka akan dikukuhkan Presiden Jokowi pada 13 Agustus 2020.

Kemudian, dilakukan pembagian tugas personel saat upacara pengibaran bendera dan upacara penurunan bendera Merah-Putih di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Bapak Presiden akan mengukuhkan perwakilan 8 anak-anak muda," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers peringatan HUT ke-75 RI yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

"Selanjutnya mewakili tingkat provinsi akan dikukuhkan via video conference, sehingga generasi muda tetap memberikan apresiasi melalui Paskibraka yang akan dilanjutkan mereka bertugas pada 17 Agustus, baik penaikan bendera maupun penurunan," tambahnya.

Sebelumnya, seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskribraka) pada HUT RI ke-75 ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Merujuk pada Keputusan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk meniadakan seleksi Paskribraka di tahun 2020 dengan alasan Indonesia masih dalam kondisi menghadapi Virus Corona.

Adapun Paskribraka yang bertugas di HUT RI ke-75 kali ini dipilih dari Paskribraka 2019 lalu dan Muhammad Arief Wijaya salahsatunya.

Arief Wijaya adalah siswa SMAN 2 Kendari yang saat ini tengah duduk di Kelas III. Ia sempat menjadi anggota Paskribraka di tahun 2019 lalu dan terpilih kembali di 2020 ini.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga