Hanya Dua Jam, Konser Amal Lawan COVID-19 Galang Rp 4 M

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 18 Mei 2020
0 dilihat
Hanya Dua Jam, Konser Amal Lawan COVID-19 Galang Rp 4 M
Suasana Konser amal bersatu melawan corona. Foto: Katakini.com

" Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah dan pembuktian sejarah kita. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kurang lebih tiga bulan lamanya Indonesia dilanda Pandemi COVID-19, sehingga berdampak pada ekonomi masyarakat yang saat ini banyak warga yang di-PHK, usaha tutup dan sebagainya.

Melihat hal tersebut, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggelar konser amal virtual bertajuk Bersatu Melawan Corona.

Konser Bersatu Melawan Corona ini disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun televisi nasional dan beberapa portal media online pada Minggu (18/5/2020) malam.

Baca juga: Ini Syarat Daerah Boleh Gelar Salat Idul Fitri di Masjid

Dilansir dari detik.com, Presiden Joko Widodo bersama para tokoh nasional turut bergabung secara virtual dari rumah mereka masing-masing.

Konser amal Bersatu Melawan Corona ini selain diisi penampilan oleh Bimbo dan sejumlah artis nasional, pihak penyelenggara juga menggalang donasi guna disalurkan ke berbagai pihak yang membutuhkan.

Berbagai barang dilelang pada acara ini untuk kemudian dananya disalurkan sebagai donasi. Mulai dari dua buah jaket karya anak negeri yang masing-masing ditebus dengan harga Rp 500 juta, lukisan dari seorang seniman senior Indonesia, Iwan Suhaya yang dilepas dengan harga Rp 150 juta, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, Joko Widodo juga turut menyumbang motor listrik pertama buatan anak negeri untuk dilelang. Motor listrik yang ditandatangani langsung oleh Jokowi ini menjadi pusat perhatian pada acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Baca juga: Pengelolaan Jembatan Teluk Kendari Dipertanyakan, Ini Kata Wagub Sultra

Melalui kegiatan ini, total donasi yang terkumpul mencapai Rp 4.003.357.815. Donasi ini akan disalurkan oleh BNPB ke seluruh korban COVID-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang kuat dan itu sudah kita buktikan dari sekian banyak pengalaman sejarah dan pembuktian sejarah kita," kata Jokowi dalam konser virtual tersebut.

Selain Jokowi, beberapa figur nasional juga turut hadir dalam acara ini seperti Megawati Soekarnoputri, Bambang Soesatyo, Puan Maharani, hingga Andy F Noya. Sejumlah artis Tanah Air pun turut memberi hiburan dengan menyanyi secara virtual mulai dari Reza Rahadian, Prilly Latuconsina, Via Vallen, Rossa, dan masih banyak lagi.

Reporter  Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga