Harga Bahan Pokok di Kolaka Timur Naik Jelang Ramadan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
Harga Bahan Pokok di Kolaka Timur Naik Jelang Ramadan
Pemkab Kolaka Timur saat mengecek harga bahan pangan di pasar yang mengalami kenaikan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Memasuki bulan ramadan, sejumlah harga bahan pokok di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan harga "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Memasuki bulan ramadan, sejumlah harga bahan pokok di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga ada di beberapa bahan pangan seperti beras, telur, daging ayam, cabe, bawang putih, bawang merah, minyak dan lainnya.

Kenaikan harga itu mulai berlangsung sejak beberapa hari lalu yang dapat dirasakan masyarakat ketika membeli di sejumlah pengecer.

Harga beras saat ini per satu karung mencapai harga Rp600.000 hingga Rp700.000, di mana sebelum memasuki bulan ramadan harga perkarung hanya Rp 500.000.

Baca Juga: Kebun Toga PKK Kolaka Timur Jadi Edukasi Baru

Kepala Dinas Koperindag dan UKM, Muhammad Aras mengatakan, terkait harga di setiap pasar pihaknya sudah melakukan pelaporan untuk progres kenaikan harga di setiap pasar yang ada.

"Kami hampir setiap hari melakukan pendataan di lapangan, beberapa hari sebelumnya memang sudah ada pergerakan harga," ujarnya, Rabu (22/3/2023).

Ia mengatakan, pergerakan harga beras yang naik itu dapat dipengaruhi karena petani di Kabupaten Kolaka Timur belum panen sehingga stok beras yang ada di pasaran sedikit.

Aras merincikan untuk harga beras premium  normal itu ada di kisaran harga Rp10.000 per kilogram (Kg) namun saat ini sudah mencapai harga Rp16.000 per Kg, sementara beras medium juga naik menjadi Rp14.500 per Kg.

Untuk harga telur yang tadinya di harga Rp50.000 per rak saat ini mencapai harga Rp60.000 per rak, minyak goreng yang harga sebelumnya Rp14.000 per liter naik menjadi Rp18.000 per liter.

Harga cabai keriting mengalami kenaikan dari Rp35.000 per Kg menjadi Rp50.000 per Kg, cabai rawit naik menjadi Rp55.000 per Kg, cabai merah besar menjadi Rp47.500 per Kg.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur, Idarwaty mengatakan, setiap menghadapi bulan suci ramadan biasanya masyarakat belanja untuk persediaan bahan pangan.

Ia juga menuturkan, khusus beras ada kenaikan harga dan hampir semua daerah karena pada April baru panen raya.

"Tapi untuk Kolaka Timur stok kita masih cukup sampai 3 bulan ke depan," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam rangka stabilisasi harga pangan dan menyambut bulan suci ramadan, Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur mengadakan pasar pangan murah di setiap kecamatan.

Untuk harga dalam pasar pangan murah ini beras 5 Kg Rp50.000, bawang merah Rp30.000 per Kg, bawang putih Rp30.000 per Kg, gula dan tepung rosebrand  Rp15.000 per Kg, tepung terigu gatotkaca Rp12.000 per Kg.

"Dinas Ketahanan Pangan akan siapkan terus stok sampai dengan lebaran nanti," tambahnya.

Ia menjelaskan untuk masyarakat yang ingin belanja di pasar murah dapat langsung mengunjungi di setiap stand jualan yang ada di masing-masing kecamatan.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Raih Peringkat III Pencegahan Stunting

"Dapat juga dengan mengunjungi Facebook TTIC Dinas Pangan dan membeli secara online," ujarnya.

Salah satu penjual di pasar Ladongi, Askar mengungkap, kenaikan harga bahan pokok menjelang ramadan itu terjadi setiap tahunnya.

"Asal mau masuk mi puasa pasti harga-harga bahan pokok juga naik," ujarnya.

Ia mengatakan untuk pasar murah yang pemkab selenggarakan diharapkan bisa jadi solusi untuk masyarakat.

"Tetapi juga dapat mengurangi pembeli di kios-kios kecil seperti kami," pungkasnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga