Harga Beras di Sejumlah Pasar Kendari Naik Jelang Nataru

Muhammad Candra, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Harga Beras di Sejumlah Pasar Kendari Naik Jelang Nataru
Harga betas di sejumlah pasar tradisional di Kota Kendari naik jelang Nataru. Foto: Muhammad Candra/Telisik

" Harga beras di sejumlah pasar tradisional terpantau mengalami kenaikan menjalang Natal dan tahun baru (Nataru) 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga beras di sejumlah pasar tradisional terpantau mengalami kenaikan menjalang Natal dan tahun baru (Nataru) 2024.

Berdasarkan pantauan tim Telisik.id, harga beras pasar Mandonga, Kota Kendari mengalami kenaikan cukup signifikan.

Dari keterangan salah seorang pedagang sembako, Rizwan mengatakan, menjelang Nataru harga-harga barang di pasar mulai naik. Kata Rizwan, harga beras 5 Kg seharga Rp 70 ribu, 25 Kg harganya Rp 370 ribu dan 50 Kg harganya Rp 700 ribu.

Baca Juga: Rocky Gerung: Setiap Bayi yang Lahir Hari Ini Dibebani Utang Jokowi Rp 50 Juta

"Memang menjelang hari besar, kayak lebaran, tahun baru dan Natal, harga barang pada naik, tapi nanti normal kembali di bulan lain," ujarnya, Kamis (7/12/2023).

Demikian juga dengan beras di pasar Anduonohu mengalami kenaikan harga. Hal itu disampaikan seorang pedagang Waode Eti yang mengaku, dari sejumlah barang, beras yang paling naik harga.

"Dulu untuk beras kepala yang 5 Kg harganya di kisaran Rp 50 ribu, sekarang naik ke Rp 70 ribu, demikian yang 25 Kg harganya Rp 370 ribu, untuk Rp 50 Kg harganya Rp 700 ribu," Utjar Waode Eti.

Baca Juga: Tingkatkan Ekskul Bidang Olahraga, Dikbud Sulawesi Tenggara Ciptakan Lingkungan dengan SDM Unggul

Lebih lanjut Waode Eti menyampaikan, penyebab harga naik karena kurangnya stok barang yang bisa diperoleh, disebabkan adanya gagal panen dari petani.

Hal itu juga diperkuat dengan pengakuan salah seorang pembeli di pasar yaitu Wulan. "Iya, harga di pasar sekarang pada naik, utamanya beras dan beberapa bahan pokok lainnya," kata Wulan.

Lebih lanjut, Wulan menyampaikan harapan kepada pemerintah agar harga-harga bahan pokok di pasar kembali stabil agar mudah dijangkau oleh masyarakat. (A)

Penulis: Muhammad Candra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga