Harga Beras Melonjak, Pedagang Gigit Jari

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Minggu, 05 April 2020
0 dilihat
Harga Beras Melonjak, Pedagang Gigit Jari
Pedagang beras di Pasar Wawotobi, Konawe. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Sudah sebulan ini kami ambil beras di Makassar dengan biaya perjalanan sampai Rp2 juta, makanya kami naikkan harga segitu. "

KONAWE, TELISIK.ID - Harga beras di beberapa pasar di Kabupaten Konawe melonjak drastis. Tak tanggung-tanggung, kenaikannya mencapai Rp100 ribu perkarung

Telisik.id mencoba menelusuri harga beras yang ada di Pasar Wawotobi. Beberapa waktu lalu, Bupati Konawe menyatakan bahwa stok beras di Konawe aman dan harga tidak akan melonjak.

Namun dari pantauan Telisik.id, harga beras 50 kg yang tadinya Rp440.000/karung, naik menjadi Rp540.000/karung. Sedangkan beras 20 kg naik dari Rp225.000/karung, menjadi Rp265.000/karung.

Baca juga: Harga Sembako di Bombana Meroket

"Sudah sebulan ini kami ambil beras di Makassar dengan biaya perjalanan sampai Rp2 juta, makanya kami naikkan harga segitu," ungkap Icang, salah seorang pedagang beras.

Padahal Konawe adalah kabupaten yang identik dengan lumbung beras. Namun ini berbanding terbalik jika melihat kondisi harga beras saat ini di beberapa pasar yang ada di Konawe.

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik 50 Persen

"Kami beli beras di Makassar karena hampir semua penggilingan di Konawe berasnya habis," tuturnya.

Pedagang beras mengungkapkan, dalam sekali ke Makassar untuk membeli beras yang akan dijual kembali, mereka bisa memuat 35 hingga 45 karung 50 kg tergantung dari jenis kendaraan pengangkut.

Pedagang bahkan mengaku, seminggu terakhir ini mereka mendapati Bulog Konawe tutup.

 

Reporter: Putra

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga