Harga Beras Naik, Pemda Muna Barat Bakal Subsidi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 27 Februari 2024
0 dilihat
Harga Beras Naik, Pemda Muna Barat Bakal Subsidi
Tanggapi kenaikan harga beras di Muna Barat, Pemda akan mensubsidi harga beras. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Melonjaknya harga beras di pasar Muna Barat membuat warga resah, Pemda akan mensubsidi harga beras "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Melonjaknya harga beras di pasar Muna Barat membuat warga resah, Pemda akan mensubsidi harga beras.

Kenaikan harga beras menimbulkan reaksi dari anggota DPRD Muna Barat, salah satunya La Ode Sariba. Menurutnya, kenaikan harga beras sangat berdampak bagi kebutuhan pokok masyarakat, sehingga pihak Pemda secepatnya harus berkoordinasi dengan pihak Bulog.

Pasalnya, kata dia, saat ini Bulog bersama Pemda Muna Barat telah membentuk rumah pangan kita (RPK) untuk menyuplai kebutuhan masyarakat di tengah kenaikan harga beras.

Untuk itu, dalam menekan harga beras Pemda bersama Bulog diharapkan untuk melakukan pengawasan terhadap RPK yang telah dibentuk sehingga penyuplai beras tidak menaikkan harga secara sepihak.

Baca Juga: Diduga Ada Kecurangan Saat PSL, Massa Demo KPU Muna Barat

Tak hanya itu, Pemda juga harus mampu memastikan stok dan harga beras serta bahan pokok lainnya menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Sementara itu, dalam rapat inflasi Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo telah mengarahkan untuk terus berkoordinasi dengan Bulog agar memastikan stok beras yang ada di Muna Barat sehingga kenaikan harga tidak melejit.

"Pastikan di Bulog terkait stok beras," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muna Barat La Ode Aka mengatakan, saat ini pihak Pemda masih tahap pengaktifan stabilitasi pasokan dan harga pangan (SPHP) dan selalu berkoordinasi dengan Bulog.

“Pihak Bulog sementara masih mobilisasi beras. SPHP minggu ini bisa dilayani RPK setiap pasar,” terangnya, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Capai 96,6 Persen, BPJS Ketenagakerjaan Muna Barat Masuk Kandidat Paritrana Award

Selain itu, Pemda Muna Barat juga akan memsubsidi harga beras mencapai 25 hingga 30 persen. Namun saat ini sementara dibuat rincian anggaran biayanya.

"Minggu ini sudah review dan siap kita subsidi sekitar 25 sampai 30 persen untuk beras,” pungkasnya.

Selain itu, Pemda juga mengambil langkah melalui RPK yang ada pada 13 pasar di Muna Barat.

Untuk diketahui, harga beras mengalami kenaikan sangat signifikan di beberapa pasar Muna Barat. Bahkan, beras ukuran 50 kg harganya mencapai Rp 800 ribu. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga