Harga Cabai di Kendari Naik 100 Persen

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 17 Maret 2021
0 dilihat
Harga Cabai di Kendari Naik 100 Persen
Siti Rodiah, pedagang cabai di Pasar Lawata. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Ini naiknya cukup tinggi, biasanya harganya cuma Rp 30 ribu per kilo. Sekarang sampai Rp 70 ribu per kilonya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga cabai di Kota Kendari naik hingga tembus Rp 70 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut terjadi hampir di semua pasar tradisional di Kota Kendari.

Menurut para pedagang, kenaikan disebabkan oleh cuaca akhir-akhir ini yang memasuki musim penghujan sehingga berpengaruh terhadap produksi cabai dari petani.

“Ini naiknya cukup tinggi, biasanya harganya cuma Rp 30 ribu per kilo. Sekarang sampai Rp 70 ribu per kilonya,” ujar Siti Rodiah (40), salah satu penjual cabai di Pasar Lawata Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Namun untuk harga cabai keriting masih tetap normal Rp 45 ribu per kilo, bawang merah Rp 43 ribu, bawah putih Rp 33 ribu per kilo dan telur Rp 47 ribu s/d Rp 50 ribu per rak.

“Kalau beras sampai saat ini tidak mengalami kenaikan, masih tetap Rp 10 ribu per kilonya,” jelasnya, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Claro Bakal Buka Hotel di Muna

Begitu pun tempe tidak mengalami kenaikan, masih tetap Rp 5 ribu untuk ukuran besar. Harga tahu juga masih stabil yakni Rp 1.000 tiga buah.

Atira, warga Kota Kendari yang sehari-harinya berdagang makanan siap saji, sangat terbebani dengan naiknya harga beberapa bahan pokok di pasaran. Karena kenaikan harga bahan pokok sangat mempengaruhi penjualannya.

“Kasihan langganan saya, mereka mengeluh, katanya sambelnya sekarang kurang pedas. Bagaimana mau pedas kalau saya pakai cabai sedikit," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara, La Ode Muh. Fitrah Arsyad mengatakan, jika sesuai pantauannya di pasar-pasar utama dalam Kota Kendari, harga cabai berkisar Rp 65 ribu per kilonya.

“Jadi ada tiga pasar yang menjadi pasar pantauan Disperindag Sultra, yakni Pasar Kota, Pasar Mandonga dan Pasar Anduonohu, harga cabai itu Rp 65 per kilonya,” terangnya. (A)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga