Logo Telisik.id

Harga Cabai Rawit di Kolut Melambung Tinggi

323 dibaca Harga Cabai Rawit di Kolut Melambung Tinggi

Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Sentral Lacaria Kota Lasusua. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Untuk cabai rawit jenis Indofood harganya naik secara signifikan dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogramnya."

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Harga cabai rawit di Pasar Sentral Lacaria Kota Lasusua, Kolaka Utara (Kolut) saat ini melambung tinggi.

Kenaikan harga cabai rawit ini sudah berlangsung sejak sepuluh hari yang lalu.

Menurut Indo Odi, salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Sentral Lacaria, harga cabai rawit lokal saat ini mencapai Rp 50 ribu dari harga normal Rp 25 ribu per kilogram.

"Kalau dulu kami beli dari petani lokal dengan harga Rp 20 ribu - Rp 25 ribu per kilogram, sekarang itu sudah harga Rp 40 ribu sehingga kami menjualnya kembali dengan harga Rp 50 ribu per kilogramnya. Itu cabai rawit lokal," kata Indo Odi, Rabu (7/4/2021).

Sementara cabai rawit jenis Indofood kata dia, saat ini harganya jauh lebih mahal karena barangnya dipasok dari wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Untuk cabai rawit jenis Indofood harganya naik secara signifikan dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogramnya," terangnya.

Sedianya dengan itu, pedagang kebutuhan pokok di Pasar Lacaria lainnya, Umi mengaku, kenaikan harga cabai rawit jenis Indofood membuatnya enggang untuk menjual cabai jenis tersebut dan lebih memilih cabai rawit lokal.

"Selain mahal, cabai rawit sekarang agak langkah, sulit ditemukan. Kalaupun ada, kami juga tidak berani beli banyak karena harganya mahal," ujarnya.

Baca Juga: Massa Desak DPRD Usut Janji Perusahaan Tambang di Kolaka Soal Mendirikan Pabrik Nikel

Sementara itu, Kepala Seksi Pendataan Kebutuhan Pokok dan Logistik, Dinas Perdagangan Kolut, Astri, S.Kom mengatakan, lonjakan harga cabai rawit di Pasar Sentral Lacaria Lasusua sudah berlangsung sejak sepuluh hari yang lalu, bahkan diprediksi akan terus naik menjelang bulan suci Ramadan.

"Kenaikan harga cabai rawit saat ini cukup signifikan, kalau dulu harganya Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram, sekarang sudah mencapai Rp 50 ribu per kilogram dan ini sudah berlangsung sejak sepuluh hari yang lalu," ungkapnya.

Meski harga cabai rawit melambung tinggi, harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan sayuran masih cenderung stabil. Begitupun dengan harga daging sapi dan ayam potong.

"Untuk daging sapi saat ini masih stabil di harga Rp 125 ribu per kilogram. Begitupun dengan ayam potong masih stabil di angka Rp 60 rubu sampai Rp 75 ribu per ekor ukuran jumbo. Sementara harga telur ayam Rp 43 ribu sampai Rp 40 ribu per rak," bebernya. (A)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video