Harga Cabai Terpantau Normal di Sejumlah Pasar Kendari

Aris Mantobua, telisik indonesia
Rabu, 09 Maret 2022
0 dilihat
Harga Cabai Terpantau Normal di Sejumlah Pasar Kendari
kondisi salah satu pasar tradisional di Kota Kendari. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Menjelang ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah 2022, harga cabai di beberapa wilayah Indonesia mulai merangkak naik "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah 2022, harga cabai di beberapa wilayah Indonesia mulai merangkak naik.

Terhitung kurang dari 25 hari bulan suci ramadan, harga dari si merah kecil tersebut naik bak rasanya yang semakin lama semakin pedas, untuk di beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai dirasakan.

Melansir dari Liputan6.com, harga cabai rawit merah, terpantau mengalami peningkatan di beberapa daerah di Indonesia. Secara nasional harga cabai rawit merah rata-rata per kilogram Rp 70.250.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional di wilayah Timur Indonesia, harga cabai menembus angka di atas Rp 100.000.

Sementara hasil pantauan Telisik.id, di beberapa pasar tradisional Kota Kendari, Sultra, harga cabai masih relatif normal walaupun di beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami kenaikan harga.

Penjual cabai di pasar pajang, Ibu Indri mengatakan, harga untuk cabai yang ia jual relatif normal, seperti hari-hari biasa. Cabai yang ia jual dibanderol Rp 50.000 per kilo gramnya.

Baca Juga: Masyarakat Kendari Masih Kesulitan Dapatkan Minyak Goreng

"Ini cabai harganya masih Rp 50.000 dek, nda naik," ucapnya, Rabu (9/8/2022).

Harga cabai yang berbeda terdapat di Pasar Grosir ByPass. Dewi, yang menjual 1 kilo gram cabai seharga Rp 45.000. Ia juga menjelaskan, belum ada kenaikan harga menjelang bulan suci ramadan.

"Kalau harga disini Rp 45.000 per kilonya, tidak tau di tempat lain" tuturnya.

Sementara itu, cabai di Pasar Basah Mandongan dan Paddys Market Lawata memiliki harga yang berbeda.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok di Kota Kendari Relatif Normal

Harga cabai di Pasar Basah Mandonga adalah Rp 50.000 per kilo gramnya. Awan mengungkapkan, harga dari cabai masih normal, tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

"Per kilonya masih Rp 50.000," imbuhnya.

Harga tertinggi cabai terdapat di Pasar Paddys Market Lawata. Untuk per kilo gramnya bisa dibaderol dengan harga Rp 55.000. Marwanti menjelaskan, cabai yang ia jual tidak mengalami kenaikan harga, walaupun di tempatnya lebih tinggi dari berbagai pasar di Kota Kendari.

"Harganya normal Rp 55.000 per kilo, walau sedikit lebih mahal di sini," ungkapnya. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Kardin

Baca Juga