Harga Ikan Segar di Tengkulak Masih Normal

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 27 Maret 2020
0 dilihat
Harga Ikan Segar di Tengkulak Masih Normal
Pengumpul ikan saat menerima hasil tangkapan nelayan. Foto: Muhammad Israjab/Telisik

" Kalo disini masih sama harga, seperti ikan rumah-rumah harganya masih standar 25 ribu harganya. Kalau untuk yang lain juga tidak ada perubahan harga. "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga ikan yang dijual langsung oleh nelayan masih normal. Pada tingkat pengumpul (tengkulak), penjualan masih di kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per Kg.

Seperti pengumpul yang berada di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moroamo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Harga ikan masih terpantau normal, tidak terpengaruh adanya isu wabah COVID-19.

"Kalo disini masih sama harga, seperti ikan rumah-rumah harganya masih standar 25 ribu harganya. Kalau untuk yang lain juga tidak ada perubahan harga," ucap seorang pengumpul Basir, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga : Imbas COVID-19, Pemotongan Sapi di RPH Kendari Menurun Drastis

Sementara adanya wabah COVID-19, tidak mempengaruhi jumlah tangkapan warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

"Enggak ada pengaruhnya kalau untuk itu (COVID-19), warga di sini masih menangkap seperti biasa. Hanya yang biasa berpengaruh itu hanya cuaca saja, kadang nelayan tidak mau menangkap kalo cuaca buruk," ujar Kades Ranooha Raya, Marhalim.

Sementara di Pasar Anduonohu, Kota Kendari, pantauan tim telisik.id harga ikan pada pedagang eceran, seperti ikan rumah-rumah (ikan kembung) berkisar Rp 35 ribu perkilonya.

Baca Juga : Mandala Finace Bombana Stopkan Kredit, Angsuran Tetap Ditagih

Sedang jumlah pengunjung pasar terpantau cukup ramai dan masih antusias, mengingat ikan merupakan kebutuhan yang sangat diminati sebagai menu khas keluarga.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Baca Juga