adplus-dvertising

Harga iPhone di Jepang Paling Murah di Dunia, Ini Sebabnya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 28 Juni 2022
690 dilihat
Harga iPhone di Jepang Paling Murah di Dunia, Ini Sebabnya
Iphone 13 di Jepang jadi yang termurah di Dunia 2022, dengan harga yang dibanderol sekitar Rp 10 juta. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Dalam sebuah survei, harga iPhone di Jepang menjadi yang termurah di dunia saat ini. Diketahui hal tersebut disebabkan karena adanya penurunan mata uang yen "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam sebuah survei, harga iPhone di Jepang menjadi yang termurah di dunia saat ini. Diketahui hal tersebut disebabkan karena adanya penurunan mata uang yen.

Menurut lembaga penelitian Moving Mobile dan Mobily Forward per 14 Juni, harga jual iPhone di Jepang menjadi yang terendah di 34 negara.

Mengutip dari Kompas.com, harga iPhone di Jepang disebutkan 20 persen lebih murah dibandingkan rata-rata harga iPhone di pasar global.


Padahal, Jepang terkenal sebagai salah satu negara "mahal", termasuk pada sektor penjualan elektroniknya.

Menurut pengguna situs tanya-jawab Quora, harga elektronik di Jepang bisa dikatakan dua kali lebih mahal dibandingkan di Amerika Serikat, karena beberapa hal.

Pertama, Jepang memiliki tingkat layanan yang lebih tinggi, maka biaya jualnya juga menjadi lebih tinggi. Kedua, Jepang menyediakan lebih banyak layanan sebelum dan sesudah (purna) penjualan.

Lantas, mengapa iPhone di Jepang bisa dijual dengan harga termurah di dunia versi Moving Mobile and Mobility Forward?

Hal itu tampaknya dipengaruhi oleh penurunan atau depresiasi nilai tukar yen terhadap mata uang asing. Sehingga yen turun ke level terendahnya selama 20 tahun terakhir ke 134,56 per dollar pada 9 Juni.

Baca Juga: Ada Promo Mobil Toyota di Bulan Juni, Cek Tipe dan Harganya

Pelemahan yen ini sudah terjadi sejak tahun lalu. Yen telah melemah 10 persen terhadap dollar AS pada 2021, setelah empat tahun berturut-turut sebelumnya stabil menguat.

Di tengah depresiasi yen ini, harga iPhone di Jepang masih tidak berubah. Ini membuat harga iphone di Negeri Matahari Terbit itu menjadi relatif lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Dikutip dari Bisnis.com, lembaga riset membandingkan harga langsung online iPhone 13 series yang dirilis pada September 2021 dengan model lainnya di berbagai negara.

Baca Juga: Waspada, Kenali 5 Tanda WhatsApp Dibajak Orang Lain

Masing-masing negara tentu memiliki banderol harga yang berbeda, karena terkait pajak dan faktor lainnya. Kendati demikian, selisih harganya tidak akan berbeda jauh.

Namun, harga model iPhone 13 128GB di Jepang saat ini adalah 98.800 yen atau sekitar Rp 10,8 juta, dan sudah termasuk pajak. Sedangkan, harga rata-rata di luar Jepang adalah Rp 11 jutaan.

Selain iPhone, beberapa barang elektronik lain juga mengalami penurunan harga yakni iPad Pro, Apple Watch, Action Figure dan Lego. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Baca Juga