Harga Kambing Jelang Idul Adha di Kota Kendari Relatif Murah, Saran Peternak Beli Cepat Sebelum Mahal

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Harga Kambing Jelang Idul Adha di Kota Kendari Relatif Murah, Saran Peternak Beli Cepat Sebelum Mahal
Harga kambing jelang Idul Adha di Kota Kendari relatif murah, peternak menyarankan pembelian secepatnya. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Harga kambing sebulan sebelum Idul Adha atau hari raya kurban di Kota Kendari diprediksi relatif murah "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga kambing sebulan sebelum Idul Adha atau hari raya kurban di Kota Kendari diprediksi relatif murah.

Peternak kambing menyarankan agar masyarakat segera membeli kambing dari sekarang, guna menghindari lonjakan harga yang kemungkinan akan melonjak drastis menjelang perayaan Idul Adha.

Salah satu peternak di Kendari, Mail mengatakan, sekarang adalah waktu yang tepat bagi masyarakat untuk membeli kambing. Dengan membeli sekarang, pembeli bisa menitipkannya ke kandang peternak untuk dirawat selama sebulan sebelum hari raya kurban.

Baca Juga: Psikolog Ungkap Sejumlah Kepala Sekolah yang Dicopot memang Tak Penuhi Syarat

Kandang peternakan kambing Mail berlokasi di Jalan Bunggasi, Anduonohu, Kecamatan Poasia. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi salah satu tempat terpercaya untuk membeli kambing berkualitas.

"Harga kambing sekarang masih sekitar Rp 2.700.000 untuk kambing yang berumur 2 tahun lebih. Namun, jika mendekati hari raya kurban, harga diprediksi akan berkisar Rp 3.700.000," ujar Mail, Sabtu (27/5/2023).

Mail juga mengingatkan, jika stok kambing di kandangnya menipis, ia biasanya mendatangkannya dari Nusa Tenggara Timur untuk mengantisipasi lonjakan pesanan menjelang Idul Adha. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berkurban.

"Jika ada yang berminat memesan, bisa menghubungi nomor ponsel kami di 081264515285," tambah Mail.

Salah satu rekan Mail di kandang peternakan, Prima mengungkapkan, membeli kambing sejak sekarang adalah keputusan yang bijaksana. Dengan harga yang masih relatif murah, masyarakat bisa mengamankan kambing untuk Idul Adha mereka.

"Lonjakan harga kambing menjelang Idul Adha memang sudah biasa setiap tahun. Bagusnya itu, para pembeli sebaiknya segera bergerak dan memanfaatkan harga yang masih terjangkau saat ini," kata Prima.

Samsil Bahrun, seorang calon pembeli, tengah melakukan pengecekan harga di kandang tersebut. Ia menyatakan minatnya untuk membeli kambing sebelum harga melonjak.

"Saya ingin membeli kambing untuk Idul Adha nanti, saya dengar kabar bahwa harga masih terjangkau sekarang," ungkap Samsil Bahrun.

Menjelang Idul Adha, permintaan kambing meningkat pesat. Banyak masyarakat yang ingin memenuhi kewajiban berkurban dengan menyembelih hewan kurban.

Baca Juga: Kisah Perempuan Inspiratif di Sulawesi Tenggara

Hal itu menyebabkan lonjakan harga yang signifikan di pasaran. Oleh karena itu, para peternak kambing di Kota Kendari menyarankan agar masyarakat segera membeli kambing sekarang untuk menghindari dampak kenaikan harga yang drastis.

Para peternak kambing seperti Mail, pemilik kandang ternak kambing, berusaha memberikan solusi bagi masyarakat dengan menawarkan layanan penitipan kambing selama sebulan sebelum hari raya kurban.

Dengan menitipkan kambing di kandang peternak, pembeli dapat memastikan bahwa hewan kurban mereka akan dirawat dengan baik dan siap digunakan saat tiba waktunya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga