Harga Masker Meroket, Ketua MPR Minta Pemda dan Polisi Tegas ke Penjual

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 08 April 2020
0 dilihat
Harga Masker Meroket, Ketua MPR Minta Pemda dan Polisi Tegas ke Penjual
Ketua MPR: Bambang Soesatyo. Foto: Istimewa

" Pemda dan Polisi harus mengambil langkah tegas, apabila terdapat penjual yang menyalahi aturan, sebagai upaya pemerintah dalam menstabilkan harga APD di pasaran. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mewabahnya COVID-19 saat ini dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk memperkaya diri mereka. Hal itu terlihat dengan melambungnya harga masker di pasar.

Masker yang sebelumnya di jual dengan harga Rp 15.000 kini melambung jauh hingga ratusan ribu per box. Kenaikan harga masker ini pun sudah berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak bulan Maret 2020, pasca diketahui dua WNA positif terinfeksi COVID-19.

Baca juga: Soal Kursi Ketua DPD Gerindra Sultra, Pengamat: DPP Harus Bijak

Bahkan, kenaikan harga masker ini sudah direspon cepat oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, tetapi hal itu tidak diindahkan oleh para penjual dan penimbun masker. Menanggapi kondisi ini, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo mendorong Pemda setempat untuk bekerja sama dengan aparat Kepolisian untuk melakukan sidak ke sejumlah toko alat kesehatan maupun apotek.

"Pemda dan Polisi harus mengambil langkah tegas, apabila terdapat penjual yang menyalahi aturan, sebagai upaya pemerintah dalam menstabilkan harga APD di pasaran," kata Bambang Soesatyo kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Pangdam Bantu Biaya Pembangunan RS dr Ismoyo Rp500 Juta

Selain kepada penjual, politisi Partai Golkar itu meminta Pemda, baik gubernur, bupati dan wali kota mempertegas peringatan kepada sejumlah importir, produsen, dan distributor untuk tidak menjual APD, termasuk masker dengan harga mahal.

"Harus tegas atas kenaikan harga masker dan APD lainnya di pasar, terutama kepada importir, produsen dan distributor," jelasnya.

Baca juga: Ali Mazi: Masker N95 Hanya untuk Para Medis, Masyarakat Gunakan Masker Kain

Mantan Ketua DPR-RI ini juga mendorong Pemda, untuk meningkatkan pengawasan bersama dengan perusahaan e-commerce dalam memantau aplikasi/toko daring, khususnya memantau harga produk APD yang dijual.

"Mengawasi pelaku usaha penjual masker, guna meminimalisir ketidakwajaran penjual dalam menjual produk APD dengan harga tinggi, termasuk masker," tutup Bambang Soesatyo.

 

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Sumarlin

TAG:
Baca Juga