Harga Telur Ayam Ras di Kolaka Utara Melambung Tinggi

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
Harga Telur Ayam Ras di Kolaka Utara Melambung Tinggi
Harga telur di Kolaka Utara mengalami kenaikan harga sejak sebulan lalu. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pasar Sentral Lacaria, Kota Lasusu, harga telur ayam ras yang sebelumnya Rp 48.000/rak, merangkak naik hingga tembus angka Rp 60.000/rak "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak 1 bulan terakhir, harga telur ayam ras di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) melambung tinggi.

Pantauan Telisik.id. di Pasar Sentral Lacaria, Kota Lasusu, harga telur ayam ras yang sebelumnya Rp 48.000/rak, merangkak naik hingga tembus angka Rp 60.000/rak.

Kata Marni, salah satu pedagang telur di Pasar Sentral Lacaria Lasusua, harga telur perlahan naik sejak 1 bulan terakhir dan kenaikannya bertahap.

"Satu bulan ini harga telur sudah empat kali naik. Sementara perbutirnya dijual seharga Rp 2000 atau Rp 2500," terangnya, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya, sampai saat ini harga telur belum stabil dan tidak menuntut kemungkinan Minggu depan dengan harganya kembali naik.

"Harga Rp 60.000/rak belum stabil bisa saja minggu depan saat stok baru masuk harganya berubah," imbuhnya.

Baca Juga: Cabjari Manggarai di Reo Geledah SMK Mutiara Bangsa Terkait Dugaan Korupsi Dana BOS

Lebih lanjut ia menuturkan, mahalnya telur ayam ras akhir-akhir ini mempengaruhi jumlah pasokan telur dari Sulawesi Selatan (Sulsel). Imbasnya, para pedagang sembako di Pasar Sentral Lacaria Lasusua hanya dapat mengambil 20 sampai 30 rak setiap kali pasokan.

"Waktu harga stabil pasokan telur dari Sulawesi Selatan itu lancar, sekarang pemasoknya hanya dari Lapai, itu pun hanya 2 kali seminggu dan itu terbatas," terangnya.

Meski mahal, lanjutnya, pasokan telur di Pasar Lacaria tetap stabil, tidak langka dan tidak mempengaruhi nilai masyarakat.

"Tidak langka, pembeli juga tetap ada justru kalau saya 30 rak itu habis dalam waktu dua hari," tukasnya.

Hal serupa diungkapkan pedagang sembako lainnya bernama Ruhami. Kata Dia, harga telur ayam sudah naik lebih dari sebulan lamanya. Penyebabnya kenaikan juga belum ditahu.

"Kata pemasok telur, stok di Sulawesi Selatan sangat terbatas sehingga jatah distributor juga terbatas," bebernya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendataan Kebutuhan Pokok dan Logistik, Dinas Perdagangan (Disdag) Kolaka Utara, Astri, membenarkan kenaikan harga telur ayam ras. Hanya saja, kenaikan tersebut terjadi secara nasional.

Baca Juga: Bantingkan Pintu Pj Bupati, Ketua DPRD Muna Barat Diminta Banyak Belajar Etika

"Harga telur memang naik tapi kenaikan itu secara nasional, bukan hanya di Kolaka Utara," ujarnya.

Pihaknya jyga telah rapat via zoom meeting bersama Tim Pengendali Inflasi Inflasi Pusat (TPIP), kata Astri, agenda rapat terkait kenaikan harga dan kelangkaan telur serta kebutuhan pokok strategis lainnya.

"Dan rata-rata daerah di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa mengalami kenaikan harga telur ayam," pungkasnya. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin

Baca Juga