Hari Ini, 100 Orang di Sultra Terpapar COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 18 November 2020
0 dilihat
Hari Ini, 100 Orang di Sultra Terpapar COVID-19
Tenaga medis sedang merawat pasien COVID-19. Foto: Repro kompas.com

" Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari ini, Rabu (18/11/2020), terdapat 100 orang dinyatakan positif terpapar virus COVID-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 100 orang yang positif COVID-19 tersebut berasal dari Kota Kendari 52 orang, Konawe 3 orang, Konawe Selatan 4 orang, Wakatobi 1 orang dan Kolaka 3 orang.

Kemudian Kabupaten Bombana 2 orang, Konawe Kepulauan 6 orang, Konawe Utara 3 orang, Muna 8 orang, Baubau 13 orang, Buton Tengah 4 orang dan Buton Utara 1 orang.

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sebanyak 17 orang, berasal dari Buton Utara 1 orang, Muna 8 orang, Konawe Selatan 3 orang dan Kota Kendari 5 orang.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 5.827 kasus dan yang sembuh sebanyak 4.497 orang.

Adapun pasien yang meninggal dunia akibat terpapar virus COVID-19 di Sultra sebanyak 91 orang.

Baca juga: Bapenda Kendari Optimalkan Pembayaran PBB Online

Untuk itu, Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr. Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

dr. Wayong juga mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga