Hari Ini, 119 Orang di Sultra Sembuh dari COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 30 November 2020
0 dilihat
Hari Ini, 119 Orang di Sultra Sembuh dari COVID-19
Seorang bentangkan spanduk ucapan terima kasih kepada tenaga medis. Foto: Repro Bisnis.com

" Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Satgas COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali merilis update pasien dari virus corona ini, Senin (30/11/2020).

Dimana, jumlah pasien COVID-19 yang sembuh hari ini, sebanyak 119 oang, yang positif COVID-19 ada 1 orang, dan pasien yang meninggal 1 orang.

Pasien yang sembuh hari ini berasal dari Kota Baubau 12 orang, Buton Tengah 5 orang, Muna 4 orang, Muna Barat 1 orang, Konawe 1 orang, Konawe Utara 6 orang dan Kendari 90 orang.

Sedangkan penambahan pasien yang dinyatakan terpapar positif virus COVID-19 hari ini berasal dari Kabupaten Konawe.

“Untuk yang meninggal dunia hari ini perempuan, umut 53 tahun berasal dari Buton Utara,” kata Jubir Satgas COVID-19, dr. Wayong.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 6.502 kasus dan yang sembuh sebanyak 5.429  orang.

Baca juga: DPRD Ingin Kerjasama dengan PT Kurnia Soal Pasar Basah Dihentikan

“Untuk pasien yang meninggal dunia sampai dengan hari ini sebanyak 107 orang,” kata dr. Wayong

Untuk itu, dr. Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

dr. Wayong juga mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga