Hari Ini, 122 Orang di Sultra Dinyatakan Sembuh dari COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 27 November 2020
0 dilihat
Hari Ini, 122 Orang di Sultra Dinyatakan Sembuh dari COVID-19
Seorang pasien yang sembuh dari COVID-19. Foto: Repro Republik.co.id

" Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari ini, Jumat (27/11/2020) sebanyak 122 pasien COVID-19 di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan sembuh.

Untuk kasus sembuh hari ini berasal dari Kolaka 8 orang. Buton Tengah 1 orang. Muna 3 orang dan Kendari sebanyak 110 orang.

Sementara terdapat beberapa orang meninggal dunia akibat terpapar virus COVID-19. Mereka berasal dari Kabupaten Konawe satu orang laki-laki umur 54 tahun, yang kedua perempuan berasal dari Konawe Selatan, umur 64 tahun.

Selanjutnya, laki-laki, umur 60 tahun berasal dari Buton Utara dan yang terakhir, laki-laki, umur 36 tahun berasal dari Kota Kendari.

Sementara kasus positif COVID-19 hari ini juga bertambah sebanyak 102 orang, yang berasal dari Kota Kendari  57 orang, Buton 1 orang, Konawe Selatan 9 orang.

Kemudian dari Kabupaten Wakatobi 5 orang, Baubau 3 orang, Kolaka 11 orang, Konawe Kepulauan 2 orang, Muna 5 orang, Konawe Utara 1 orang, Muna Barat 6 orang dan Konawe 2 orang.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 6.366 kasus dan yang sembuh sebanyak 5.179 orang.

Baca juga: BPBD Ingatkan Pembangunan Trans Studio Kendari Perhatikan Kajian Bencana

“Untuk pasien yang meninggal dunia sampai dengan hari ini sebanyak 102 orang,” kata Jubir Satgas COVID-19, dr. Wayong.

Untuk itu, dr. Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

dr. Wayong juga mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga