Hari Ini, 69 Orang di Sultra Sembuh dari COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 23 November 2020
0 dilihat
Hari Ini, 69 Orang di Sultra Sembuh dari COVID-19
Ilustrasi pasien COVID-19. Foto: Repro tribunnews.com

" Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh hari ini, Senin (23/11/2020) sebanyak 69 orang yang terbagi dalam 7 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Adapun daerah yang pasiennya sembuh hari ini adalah Kota Kendari 18 orang, Kolaka Utara 4 orang, Kolaka 21 orang, Konawe Utara 2 orang, Bombana 1 orang, Baubau 22 orang dan Konawe Selatan 1 orang.

Sedangkan untuk panambahan pasien positif hari ini sebanyak 14 orang masing-masing berasal dari Kota Kendari 2 orang, Konawe 1 orang dan Kolaka 11 orang.

“Pasien yang meninggal hari ini adalah perempuan, 64 tahun asal Buton Tengah. Sehingga, total yang meninggal dunia 96 orang,” kata Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr. Wayong.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 6.102 kasus dan yang sembuh sebanyak 4.738  orang.

Baca juga: Usia Jemaah Haji Tidak akan Dibatasi

Untuk itu, dr. Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

dr. Wayong juga mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga