Hari Ini, ASN di Kendari Mulai Jalani Skrining Massal

Musdar, telisik indonesia
Senin, 05 Oktober 2020
0 dilihat
Hari Ini, ASN di Kendari Mulai Jalani Skrining Massal
Suasana Skrining Massal. Foto: Ist.

" Skrining massal ini bertujuan mencegah orang-orang yang terinfeksi COVID-19 agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat terutama bagi mereka yang ada di klaster perkantoran. Jika ada yang terkonfirmasi positif, tentu harus melaksanakan isolasi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemkot Kendari mulai melakukan skrining massal kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya.

Rencananya skrining akan dilakukan hingga 5 November 2020.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, skrining massal dilakukan untuk menemukan kasus COVID-19 lebih cepat. Sebab, sepekan terakhir beberapa ASN di lingkupnya ada yang terkonfirmasi positif.

"Skrining massal ini bertujuan mencegah orang-orang yang terinfeksi COVID-19 agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat terutama bagi mereka yang ada di klaster perkantoran. Jika ada yang terkonfirmasi positif, tentu harus melaksanakan isolasi," kata Sulkarnain, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Bedah Rumah di Bawah Standar, Ridwan Bae Siap Pidanakan Pelaksana Proyek

Sulkarnain memastikan, seluruh ASN Pemkot yang berjumlah sekitar 3.640 orang mengikuti skrining massal ini dengan metode rapid test untuk memastikan diri bebas dari COVID-19 sehingga bisa memberikan pelayanan yang optimal dan aman kepada masyarakat.

Meskipun pemeriksaan dilakukan secara massal, namun penerapan protokol kesehatan, tegas Sulkarnain, tetap menjadi prioritas.

"Setiap hari ada lima sesi pemeriksaan. Setiap sesi diperiksa maksimal 50 orang dengan ketentuan setiap ASN tetap safety menggunakan masker, mencuci tangan pada wadah yang sudah disediakan serta menjaga jarak aman," kata Sulkarnain.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan, tren ASN yang terpapar jumlahnya cukup signifikan hingga mencapai 24,8 persen dari seluruh kasus di Kendari.

"Jadi seluruh ASN wajib skrining," ujarnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga