Hari Ini, COVID-19 di Sultra Kembali Memakan Korban

Siswanto Azis, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
Hari Ini, COVID-19 di Sultra Kembali Memakan Korban
Ilustrasi hasil pemeriksaan virus COVID-19. Foto: liputan6.com

" Untuk penambahan Pasien positif COVID-19 ini berasal dari Kota Kendari 2 orang dan Kabupaten Konawe Selatan 1 orang. "

KENDARI, TELISIK.ID - COVID-19 kembali memakan korban. Hari ini, Senin (2/11/2020), satu pasien dari virus ini meninggal dunia dan sebanyak tiga orang dinyatakan positif.

Pasien positif COVID-19 yang meninggal hari ini adalah laki-laki berumur 65 tahun, berasal dari Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 ini yaitu sebanyak 87 orang, yang terdiri dari Kota Kendari 51 orang, Konawe 6 orang, Muna 9 orang, Konawe Selatan 4 orang, Konawe Utara 4 orang dan Baubau 13 orang.

“Untuk penambahan Pasien positif COVID-19 ini berasal dari  Kota Kendari 2 orang dan Kabupaten Konawe Selatan 1 orang,” kata Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr Wayong.

Dengan penambahan kedua kasus tersebut, total yang positif saat ini sebanyak 5.073 kasus dan yang sembuh sebanyak 4.033 orang.

Adapun pasien yang meninggal dunia akibat terpapar virus COVID-19 di Sultra sebanyak 83 orang.

Baca juga: Sosok Pria yang Meninggal di Kebun Ternyata Guru Panutan di SMKN 2 Kendari

Untuk itu, dr Wayong meminta agar masyarakat taat kepada protokol kesehatan untuk meringankan tugas para dokter dan tenaga medis dalam merawat penderita COVID-19.

"Jangan menambah penderita baru di Sultra, kita akan meringankan tugas mereka dalam merawat penderita COVID-19 bila seluruh masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," tegasnya.

Ia juga mengatakan, orang yang sehat memiliki imunitas yang baik tidak akan sakit akibat COVID-19, namun justru menjadi orang tanpa gejala yang menularkannya kepada orang-orang yang rentan.

Karena itu Pemerintah mewajibkan agar setiap orang mengenakan masker selama pandemi COVID-19 ini agar orang-orang yang rentan tidak tertular COVID-19.

"Orang yang rentan ini di antaranya mereka yang lanjut usia, usia balita, orang yang menderita penyakit kronis dan imunitas yang rendah," jelasnya. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga