Hari Ini Habib Rizieq Cs Jalani Sidang Perdana, 658 Personel Siap Amankan PN Jakarta Timur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 16 Maret 2021
0 dilihat
Hari Ini Habib Rizieq Cs Jalani Sidang Perdana, 658 Personel Siap Amankan PN Jakarta Timur
Habib Rizieq Shihab angkat tangan terborgol. Foto: Repro kabarkarawang.com

" Ada sekitar 658 personel yang akan mengamankan kegiatan sidang MRS (Habib Rizieq) yang akan dimulai besok. Sekali lagi sidang secara virtual. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, akan menjalani tiga sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, pada Selasa (16/3/2021) hari ini.

Ketiga persidangan itu berkaitan dengan perkara kasus kerumunan hingga swab test.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal menyebut, perkara pertama terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat teregistrasi dengan Nomor Perkara: 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim.

Selain Habib Rizieq, ada lima terdakwa lainnya yang akan menjalani sidang perdana dalam kasus ini, yakni Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al-Habsyi dan Maman Suryadi.

Perkara kedua terkait kasus tes swab di RS Ummi Bogor dengan Nomor Perkara: 224/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim.

Ada dua terdakwa lain selain Habib Rizieq yang akan menjalani sidang perdana dalam perkara ini, yakni Dirut RS Ummi Bogor Andi Tatat dan Muhammad Hanif Alatas.

Perkara ketiga terkait kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat dengan Nomor Perkara: 226/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim.

Habib Rizieq merupakan satu-satunya terdakwa dalam perkara ini.

"Sidang pertama Habib Rizieq Shihab dkk, dengan agenda pembacaan dakwaan," kata Alex saat dikonfirmasi, dilansir dari Suara.com jaringan media Telisik.id, Senin (15/3/2021) malam.

Baca Juga: Kebersihan TPI Diributkan, Pengelola Minta Tempat Sampah Portable

Berkaitan dengan agenda sidang perdana Habib Rizieq cs, Polri telah menyiapkan rencana pengamanan. Setidaknya, ada 658 personel kepolisian yang disiagakan untuk mengamankan jalannya persidangan.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono pun mengimbau kepada simpatisan Habib Rizieq tak perlu hadir dan berkerumun. Sebab sidang bakal digelar secara virtual.

"Ada sekitar 658 personel yang akan mengamankan kegiatan sidang MRS (Habib Rizieq) yang akan dimulai besok. Sekali lagi sidang secara virtual," kata Rusdi di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/3/2021) kemarin.

Rusdi mengungkapkan bahwasanya Habib Rizieq akan menjalani persidangan secara virtual dari Rutan Salemba cabang Bareskrim Polri.

Olehnya, semua pihak termasuk simpatisan Habib Rizieq lagi-lagi diimbau untuk mengikuti jalannya persidangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Siapapun yang akan mengikuti sidang itu ya laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, karena sidang virtual kegiatan-kegiatan akan dilakukan virtual juga," pungkasnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga