Hari Konstitusi, PKS: Peringatan Penting sebagai Sebuah Negara

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 19 Agustus 2020
0 dilihat
Hari Konstitusi, PKS: Peringatan Penting sebagai Sebuah Negara
Politisi PKS, Aboe Bakar Alhabsyi. Foto: Ist.

" Makna peringatan ini adalah sebagai pengingat kita, bahwa segenap komponen negara harus selalu berpedoman pada konstitusi. Jadi baik DPR, DPD, Presiden, maupun lembaga negara lainnya wajib bekerja sesuai dengan konstitusi. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi, menyatakan pentingnya konstitusi dalam suatu negara, karena merupakan pegangan yang menjadi batasan-batasan bagaimana suatu negara dijalankan.

Sebab pada dasarnya, peran penting konstitusi terhadap sebuah negara adalah pedoman bagaimana tata kelola negara akan dijalankan.

"Saya ucapkan selamat Hari Konstitusi. Ini adalah peringatan penting kita sebagai sebuah negara," kata Aboe Bakar kepada Telisik.id lewat pesan singkatnya, Rabu (19/8/2020).

Dikatakan Aboe Bakar, bangsa ini telah memiliki kesadaran bersama menjadikan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, sebagai konstitusi negara. Karenanya, memperingati Hari Konstitusi adalah mengingatkan semua elemen bangsa soal sebuah kesadaran mengenai arti penting sebuah dasar negara.

Baca juga: Presiden Jokowi Terbitkan Keppres Tentang Cuti Bersama bagi ASN

"Makna peringatan ini adalah sebagai pengingat kita, bahwa segenap komponen negara harus selalu berpedoman pada konstitusi. Jadi baik DPR, DPD, Presiden, maupun lembaga negara lainnya wajib bekerja sesuai dengan konstitusi," tegasnya.

Dalam menjalankan tugasnya, lanjut Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS ini, lembaga negara tidak bisa berjalan semaunya sendiri, melainkan harus sesuai ketentuan yang ada di UUD 1945.

"Melalui peringatan Hari Konstitusi, saya mengajak agar kita semua selalu menjalankan ketatanegaraan sesuai dengan UUD 1945 secara murni dan konsekuen," tutup Habib Aboebakar.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga