Hasil Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 12 Mei 2023
0 dilihat
Hasil Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka
Timnas Indonesia masuk Grup D pada hasil drawing Piala Asia 2023 bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Timnas Indonesia menempati pot 4 dalam drawing Piala Asia 2023. Timnas Indonesia berada di grup D bersama Vietnam, Irak dan Jepang "

DOHA, TELISIK.ID - Hasil drawing Piala Asia 2023 telah dilakukan Kamis sore, (11/5/2023). Drawing yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB itu dilakukan oleh legenda sepak bola Australia, Tim Cahill.

Dilansir dari Bolasport.com, Timnas Indonesia menempati pot 4 dalam drawing Piala Asia 2023. Timnas Indonesia berada di grup D bersama Vietnam, Irak dan Jepang.

Hasil ini membuat Indonesia dan Vietnam jadi rival tak terpisahkan, bertemu di level ASEAN hingga Asia. Sementara itu, wakil ASEAN lainnya yakni Malaysia berada di grup E bersama Bahrain, Yordania dan Korea Selatan.

Dikutip dari Okezone.com, Indonesia memang bukanlah satu-satunya negara Asia Tenggara yang tampil di ajang ini. Ada tiga negara Asia Tenggara lainnya yang bakal tampil, yaitu Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Piala Asia 2023 ini akan digelar di Qatar pada Januari tahun depan, tepatnya pada tanggal 12 Januari hngga 10 Februari 2024 mendatang. Ada total 24 tim yang bermain dalam enam grup. Masing-masing grup berisikan empat tim.

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Fase Grup Piala Asia 2023

Indonesia akan tampil di Piala Asia pertamanya sejak 2007 silam. Pada saat itu, Bambang Pamungkas dan kolega bertindak sebagai tuan rumah dan mampu memenangkan satu dari tiga pertandingan.

Indonesia melalui babak kualifikasi dengan penuh perjuangan. Di babak kualifikasi pertama, Indonesia hanya berada di peringkat kelima dalam grup yang juga berisikan Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Oleh karena itu, tim asuhan Shin Tae-yong harus melalui babak playoff. Mereka sukses menang telak dengan agregat 5-1 atas Taiwan di babak playoff tersebut, dengan rincian 2-1 dan 3-0 pada kedua leg.

Di putaran ketiga kualifikasi, Indonesia berada dalam grup yang sama dengan Yordania, Kuwait dan Nepal. Garuda – julukan Timnas Indonesia – berhasil finis kedua setelah mengoleksi dua kemenangan dari tiga laga.

Pada saat itu, mereka menang telak 7-0 atas Nepal dan menundukkan tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1. Sedangkan satu laga lain berakhir kekalahan tipis 0-1 dari Yordania yang keluar sebagai juara grup.

Baca Juga: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Go Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan

Hasil Drawing Fase Grup Piala Asia 2023

Grup A: Qatar, China, Tajikistan, Lebanon

Grup B: Australia, Uzbekistan, Suriah, India

Grup C: Iran, UEA, Hong Kong, Palestina

Grup D: Jepang, Indonesia, Irak, Vietnam

Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Yordania, Bahrain

Grup F: Arab Saudi, Thailand, Kirgizstan, Oman. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga