Hasil Euro 2020: Italia ke Final Usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 07 Juli 2021
0 dilihat
Hasil Euro 2020: Italia ke Final Usai Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti
Italia berhasil melaju ke babak final Euro 2020 usai berhasil mengalahkan Spanyol lewat babak adu penalti. Foto: Repro twitter/@Vivo_Azzurro

" Italia mengalahkan Spanyol 4-2 lewat adu penalti setelah laga imbang 1-1 selama 120 menit. Gli Azzurri berhak ke final Piala Eropa 2020. "

LONDON, TELISIK.ID - Italia mengalahkan Spanyol 4-2 lewat adu penalti setelah laga imbang 1-1 selama 120 menit. Gli Azzurri berhak ke final Piala Eropa 2020.

Dilansir dari Bolasport.com, Italia melawan Spanyol tersaji di Wembley pada semifinal Piala Eropa 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Tim Matador lebih dominan sepanjang 90 menit.

Spanyol mencatatkan 63 persen penguasaan bola dibanding dengan 37 persen milik Italia. Mereka juga lebih banyak melakukan percobaan tembakan dengan 10 kali yang di antaranya tiga on target. Sementara, Italia membuat enam percobaan dengan empat mengarah ke gawang.

Meski demikian, La Nazionale mampu unggul lebih dulu lewat Federico Chiesa di menit ke-60. Spanyol kemudian bisa menyamakan kedudukan di menit ke-80 melalui Alvaro Morata.

Skor 1-1 mengakhiri 90 menit. Duel harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Tak ada gol yang tercipta di 2x15 menit perpanjangan waktu. Pemenang laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Di babak tos-tosan Italia bisa menaklukkan Spanyol 4-2. Manuel Locatelli menjadi satu-satunya penendang Italia yang gagal.

Sementara, dua penendang Spanyol yaitu Dani Olmo dan Alvaro Morata tak mampu mencetak gol lewat titik putih.

Kedua kubu tampil terbuka. Spanyol sempat kesulitan dengan pressing Italia di awal laga. Namun perlahan, mereka bisa mengatasi hal itu usai lebih tenang dalam menguasai bola.

Ancaman coba dihadirkan La Furia Roja di menit ke-14 lewat Ferran Torres. Torres mampu mengecoh Jorginho di depan kotak penalti Italia sebelum melepas sepakan jarak jauh. Namun, usahanya ini masih melebar dari gawang Gianluigi Donnarumma.

Laga ketat hingga memasuki pertengahan babak pertama. Italia mampu menembus lini pertahanan Spanyol di menit ke-21.

Emerson menusuk dari sisi kiri. Unai Simon tak cermat dalam mengambil keputusan dengan keluar dari sarangnya. Bola bisa diumpan oleh Emerson ke Barella.

Barella berusaha mencari ruang tembak. Sergio Busquets bisa merebut bola di saat-saat krusial sebelum Barella melepas tembakan. Gawang Spanyol selamat dari ancaman.

Dua menit berselang, Spanyol hampir memecah kebuntuan. Dani Olmo mendapatkan bola liar di depan gawang dari penguasaan Mikel Oyarzabal yang terlepas.

Usaha pertamanya bisa diblok oleh Leonardo Bonucci. Olmo langsung kembali menyambar bola. Kali ini, Donnarumma yang menggagalkan upayanya dengan terbang menepis bola.

Italia giliran yang membuang peluang di menit ke-45. Mendapat sodoran bola dari Lorenzo Insigne, Emerson melepas tembakan keras dari sudut sempit, tapi bola masih menerpa mistar.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Skor 0-0 bertahan menutup jeda.

Selepas turun minum, Italia membuka peluang di menit ke-49. Ia bisa menyusup menjangkau bola mendahului bek Italia. Namun, tembakannya masih melebar.

Spanyol membalas di menit ke-52. Umpan tarik Oyarzabal dari sisi kanan langsung disambar oleh Busquets. Percobaan kapten Spanyol ini belum membahayakan gawang Donnarumma karena masih melambung.

Semenit setelahnya, Italia kembali mengancam dari tusukan Federico Chiesa. Peluang ini juga belum berbuah gol karena tembakan Chiesa bisa ditahan Simon.

Baca juga: Jika Barcelona Tak Penuhi Syarat Ini, Lionel Messi Segera Merapat di PSG

Baca juga: Hasil Copa America: Menang Tipis dari Peru, Brasil Melenggang ke Final

Baca juga: Hasil Euro 2020: Prancis Dipaksa Pulang, Mbappe Gagal Penalti

Baca juga: Meski Gugur dari EURO 2020, Cristiano Ronaldo Bawa Pulang Segudang Rekor

Kebuntuan di laga ini akhirnya pecah pada menit ke-60. Lewat serangan balik cepat bola kiriman Insigne ke Immobile bisa dipotong oleh Laporte.

Bola liar dengan cepat dikuasai oleh Chiesa. Chiesa menusuk ke sisi kiri kotak penalti sebelum melepas tembakan.di tengah kepungan pemain Spanyol.

Bola tembakan Chiesa melengkung ke pojok kanan gawang Spanyol. Simon tak bereaksi. Italia unggul 1-0.

Oyarzabal kembali membuang peluang di menit ke-65. Umpan Koke menuju Oyarzabal yang tak terkawal di kotak penalti. Pemain Real Socieadad itu tak bisa melepas tembakan hingga bola melebar.

Spanyol tampil lebih menekan demi memburu gol penyama kedudukan. Italia meski unggul juga tak mau mengendurkan serangan. Jual beli tekanan tetap terjadi.

Pada menit ke-68, Berardi mendapat ruang di sisi kanan kotak penalti mendapat umpan dari Chiesa. Simon sigap meredam tembakan Berardi dengan kakinya. Italia gagal menjauh.

Berardi mengancam lagi di menit ke-79 dari tembakan di depan gawang. Simon kembali beraksi dengan bisa menangkap bola.

Semenit setelahnya Spanyol bisa menyamakan kedudukan. Kombinasi apik Olmo dan Alvaro Morata membongkar lini pertahanan Italia.

Sepakan mendatar Morata mengecoh Donnarumma. Spanyol menyamakan kedudukan 1-1.

Saling serang terjadi di 10 menit terakhir waktu normal. Pada menit ke-90, Giorgio Chiellini tampak menahan bola dengan tangannya di kotak penalti.

Namun, wasit tak menganggapnya pelanggaran. Skor tetap 1-1 hingga 90 menit tuntas. Duel ke perpanjangan waktu.

Dilansir dari detik.com, dalam perpanjangan waktu babak pertama, Spanyol punya dua peluang berbahaya dari skema tendangan bebas yang gagal dimanfaatkan.

Pada menit ke-98, sepakan bebas Olmo dari sisi kiri yang bisa ditepis oleh Donnarumma menghadirkan kemelut yang gagal dioptimalkan Morata. Hal nyaris serupa terjadi di menit ke-102 dari eksekusi Pedri.

Umpan silang Pedri dari tendangan bebas bisa ditepis Donnarumma. Bola muntah disambar Marco Llorente, tapi masih ada Bonucci di depan gawang menghalau bola.

15 menit kedua di extra time juga tak ada gol yang tercipta. Pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Manuel Locatelli maju sebagai penendang pertama dan gagal. Sepakan mendatarnya ke sisi kanan bisa ditepis Simon. Penendang pertama Spanyol, Olmo juga gagal usai tembakannya melambung.

Andrea Belotti bisa membawa Italia unggul setelah sepakannya ke arah kanan berbuah gol meski bisa dibaca Simon. Spanyol menyetarakan angka 1-1 usai Gerard Moreno sebagai penendang kedua menjalankan tugasnya dengan baik.

Penendang ketiga Italia, Bonucci bisa mengecoh Simon. Hal serupa dilakukan Thiago Alcantara untuk Spanyol hingga skor imbang 2-2.

Sepakan keras ke arah kiri Federico Bernadeschi mengembalikan keunggulan Italia di babak adu penalti. Morata yang maju sebagai penendang keempat gagal menjalankan tugasnya.

Bola ke arah kiri bisa ditepis Donnarumma. Jorginho memastikan Italia ke final usai tembakannya mengecoh Simon. Italia menang adu penalti 4-2. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga