Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Takluk 0-2 Dari Qatar, Diwarnai Keputusan Kontroversi

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 16 April 2024
0 dilihat
Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia U-23 Takluk 0-2 Dari Qatar, Diwarnai Keputusan Kontroversi
Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan atas Qatar U-23 yang penuh keputusan kontroversi pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. Foto: Repro Cnnidonesia

" Timnas Indonesia U-23 Takluk 2-0 dari Qatar U-23 dalam partai pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/4/2024) malam "

DOHA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-23 Takluk 2-0 dari Qatar U-23 dalam partai pembuka Grup A Piala Asia U-23 2024 di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (15/4/2024) malam waktu setempat. Laga ini diwarnai sejumlah keputusan kontroversi wasit.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, kekalahan Timnas Indonesia U-23 diwarnai sejumlah keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang kontroversi. Bukan hanya terkait kartu merah yang didapat Ivar Jenner tetapi pelanggaran keras yang dilakukan pemain Qatar U-23 tidak mendapat sangsi yang keras dari wasit.

Garuda muda hampir membuka keunggulan 1-0 pada menit ke-39 melalui tembakan melengkung yang dilepaskan Rafael Struick ke tiang jauh masih menerpa tiang gawang Qatar.

Gawang Timnas Indonesia berhasil dibobol Qatar U-23 pada menit ke-43 setelah wasit Nasrullo Kabirov mengecek Video Assistant Referee (VAR) tendangan penalti Khalid Ali Sabah. Ini setelah Rizky Ridho melanggar Mahdi Salem di area kotak pinalti saat coba menghalangi pergerakan pemain Qatar tersebut.

Khaled Ali yang ditunjuk sebagai eksekutor dengan tenang sukses melaksanakan tugasnya untuk merubah papan skor jadi 1-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2024: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 VS Qatar U-23, Menanti Kejutan Debutan

Dikutip dari Bola.com, memasuki babak kedua Timnas Indonesia U-23 harus dipaksa bermain dengan 10 pemain. Ivar Jenner mendapat kartu kuning kedua setelah telapak kakinya dianggap Nasrullo Kabirov mengenai tulang kering Saifeldeen Hassan Fadlalla, bek Qatar U-23.

Padahal dari tayangan ulang VAR, tidak ada pelanggaran keras yang dilakukan Ivar Jenner terhadap Saifeldeen Hassan Fadlalla. Pemain asal FC Utrecht itu telah diganjar kartu kuning di menit ke-14.

Bermain dengan sepuluh pemain membuat Timnas Indonesia U-23 pincang sehingga permainan tidak seimbang. Qatar memanfaatkan peluang itu dengan memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke -54 melalui tendangan bebas Al Rawi dari luar kotak penalti lebih dulu mengenai tiang dalam lalu masuk ke gawang Ernando Ari.

Timnas Indonesia U-23 mendapatkan peluang lewat Marselino. Dia nyaris membuat gol indah ke gawang Qatar pada menit ke-62, namun bisa di gagalkan dengan susah panyah oleh Youssef Abdullah. Tujuh menit berselang giliran Nathan yang mendapat peluang mencetak gol namun tendangannya masih melebar di sisi kiri gawang Qatar.

Baca Juga: Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia U-23 Kalahkan UEA 1-0, Witan Penentu

Walau bermain dengan 10 pemain, tim asuhan Shin Tae-yong berusaha keras menyamakan kedudukan. Situasi ini membuat Qatar tidak nyaman tampil leluasa di sisa waktu pertandingan.

Upaya Timnas Indonesia U-23 menjadi makin sulit mencetak gol karena Ramadhan Sananta yang masuk sebagai pemain pengganti harus mendapatkan kartu merah pada menit ke-96. Sananta diusir wasit dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras kepada Mohammed Aiash, kapten Timnas Qatar U-23 melalui pengamatan wasit melalui VAR.

Timnas Indonesia U-23 yang bermain dengan sembilan  orang pemain harus mengakui keunggulan Qatar dengan skor 2-0 saat wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Haerani

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga