Hasil Piala Dunia 2022: Argentina Juara, Mbape Top Skor

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 19 Desember 2022
0 dilihat
Hasil Piala Dunia 2022: Argentina Juara, Mbape Top Skor
Argentina menumbangkan Prancis lewat adu penalti 3-3 (4-2) dalam partai final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Foto: Repro Twitter

" Argentina sukses menjadi juara dunia usai menumbangkan Prancis lewat adu penalti 3-3 (4-2) dalam partai final Piala Dunia 2022 "

QATAR, TELISIK.ID - Argentina sukses menjadi juara dunia usai menumbangkan Prancis lewat adu penalti 3-3 (4-2) dalam partai final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Saat kick-off pertandingan tanda dimulai, kedua tim yang mengenakan jersey utamanya terlihat bermain dengan hati-hati. Argentina yang sedang dalam motivasi tinggi mencoba untuk menguasai jalannya pertandingan lebih dulu. 

Di menit 20, tandukan Olivier Giroud memanfaatkan umpan tendangan bebas Antoine Griezmann juga masih belum membuahkan hasil setelah penyerang AC Milan itu dinyatakan melakukan pelanggaran. 

Semenit berselang, Argentina mendapatkan hadiah penalti setelah Ousmane Dembele melakukan pelanggaran kepada Angel Di Maria. 

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor sukses membawa Argentina unggul 1-0 setelah berhasil mengecoh Lloris. 

Tertinggal satu gol, Prancis mencoba meningkatkan serangan mereka ke jantung pertahanan Argentina. 

Baca Juga: Ini Prediksi Harga Tiket Piala AFF 2022

Tendangan bebas didapatkan Prancis pada menit 27. Tapi eksekusi Griezmann masih belum membuahkan hasil. Gol kedua Argentina datang di menit 36. Berawal dari clearance tak sempurna dari Dayot Upamecano, bola yang datang ke kaki Messi dibelokkan kepada Julian Alvarez. 

Alvarez yang melihat pergerakan Mac Allister kemudian menyodorkan bola kepadanya. Mac Allister yang tinggal berhadapan dengan Lloris tidak bersikap egois. Ia lalu meneruskan bola kepada Di Maria yang tanpa penjagaan di sisi kiri. Dengan mudah, Di Maria menceploskan bola ke dalam gawang untuk membawa Argentina unggul 2-0.

Prancis mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, Kylian Mbappe cs masih kesulitan untuk membongkar pertahanan rapat Argentina.

Di sisi lain, meski sedikit menurunkan tempo permainan mereka, Argentina beberapa kali tetap bisa merepotkan lawan. Namun, tak ada gol tambahan dari tim Albiceleste.

Prancis memperoleh hadiah penalti pada menit ke-79 usai Otamendi melanggar Kolo Muani. Mbappe yang menjadi eksekutor pun sukses menaklukkan Emiliano Martinez.

Hanya 90 detik berselang, Mbappe lagi-lagi menggetarkan gawang Martinez, kali ini lewat sebuah tembakan voli first time. Skor pun kini menjadi sama kuat 2-2. Tak ada gol tambahan di sisa waktu normal. Skor imbang 2-2 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.

Memasuki babak extra time, Argentina dan Prancis sama-sama memperoleh peluang emas untuk mencetak gol. Sayang, belum ada gol tercipta di paruh pertama.

Baca Juga: Final Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo: Saya Cinta Argentina dan Banyak Orang Tak Tahu

Argentina akhirnya kembali memimpin lewat gol Messi pada menit ke-109. Memanfaatkan sebuah bola rebound, La Pulga sukses mencocor bola untuk membobol gawang Lloris.

Kemenangan di depan mata Argentina kembali menguap setelah Prancis mendapat hadiah penalti pada menit ke-117 usai tembakan Mbappe mengenai tangan Gonzalo Montiel. Mbappe pun sukses menyamakan skor menjadi 3-3.

Pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak ini, eksekusi Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni gagal berbuah gol. Argentina pun keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2. Dengan hattrick Kylian Mbappe resmi jadi top skor Piala Dunia 2022. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga