Hati-Hati Puntung Rokok, Nusa Tenggara Timur Diprediksi Terjadi Angin Kencang Bersifat Kering

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Hati-Hati Puntung Rokok, Nusa Tenggara Timur Diprediksi Terjadi Angin Kencang Bersifat Kering
Sebuah peristiwa kebakaran yang pernah terjadi di Nusa Tenggara Timur saat musim kering. Foto: Ist.

" Masyarakat Nusa Tenggara Timur diminta mewaspadai potensi angin kencang bersifat kering di wilayah itu, dalam beberapa hari ke depan "

KUPANG, TELISIK.ID - Masyarakat Nusa Tenggara Timur diminta mewaspadai potensi angin kencang bersifat kering di wilayah itu, dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi di Kupang, Jumat (26/5/2023) mengatakan, hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur yang berlaku selama 26-28 Mei.

Agung menyebutkan, wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang yaitu Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Pulau Sumba, Pulau Sabu dan Pulau Rote.

Baca Juga: Nusa Tenggara Timur Utus 2 Atlet Disabilitas ke ASEAN Para Games 2023 Wakili Indonesia

Potensi angin kencang yang bersifat kering, kata dia, bisa menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan secara cepat, sehingga perlu diwaspadai warga di sejumlah wilayah tersebut.

Ia mengatakan, warga perlu menghindari aktivitas atau tindakan yang dapat memicu titik api di area terbuka, seperti membersihkan rumput atau membuka lahan pertanian dengan cara membakar.

Selain itu, jangan membuang puntung rokok di area terbuka yang terdapat tumpukan daun atau rumput kering yang mudah tersambar api.

Agung mengatakan, apabila titik api muncul menyebabkan kebakaran hutan atau lahan, maka akan meluas dengan cepat dengan dukungan angin kencang yang bersifat kering.

"Jika terjadi kebakaran dalam kondisi angin kencang, maka api juga lebih sulit dipadamkan, sehingga langkah pencegahan perlu dilakukan dengan menghindari tindakan yang memunculkan titik api," katanya.

Baca Juga: Nusa Tenggara Timur Dapat Pasokan Beras dari Jawa Timur

"Hal sederhana hati-hati puntung rokok. Jangan buang sembarang yah," katanya lagi.

Sementara itu ,Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur, Ambrosius Kodo mengimbau warga di wilayah itu agar mewaspadai musim kering. Masyarakat diminta tidak teledor dengan hal-hal sederhana, seperti puntung rokok atau hal lain.

"Kalau musim kering biasanya mudah terbakar. Karena itu kita diminta jaga baik lahan kering yang sifatnya bisa memunculkan api," ujarnya. (A)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga