Hati-Hati, Ternyata Golongan Darah Ini Gampang Terserang Stroke

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 15 Januari 2022
0 dilihat
Hati-Hati, Ternyata Golongan Darah Ini Gampang Terserang Stroke
Ilustrasi orang habis terserah stroke. Foto: Repro mayapadahospital.com

" Bila diserang penyakit ini, pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang biasanya menyerang manusia adalah stroke. Penyakit ini dapat menyerang siapapun.

Melansir kemkes.go.id, menurut WHO bahwa stroke adalah suatu keadaan di mana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologik fokal dan global, yang dapat memberat dan berlangsung lama selama 24 jam atau lebih dan atau dapat menyebabkan kematian, tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vascular.

Bila diserang penyakit ini, pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Untuk orang-orang yang rentan dengan penyakit stroke dapat dikaitkan dengan golongan darahnya.

Melansir Suara.com yang melansir dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022), orang yang memiliki golongan darah AB lebih rentan terkena penyakit stroke dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Baca Juga: Waspada, Ini Bahaya Asap Rokok bagi Anak

Selain orang-orang bergolongan darah AB, wanita pemilik golongan darah B juga memiliki risiko yang tinggi terhadap penyakit stroke.

Menurut penelitian, orang-orang yang memiliki golongan darah A, B, dan AB lebih berisiko mengalami penyumbatan darah di bagian kaki.

Sementara itu, si pemilik golongan darah O lebih rentan mengalami pendarahan dan enggak mudah menderita penyumbatan darah.

Menurut seorang dokter dari Harvard's Brigham and Women's Hospital, ada bukti-bukti bahwa golongan darah berpengaruh pada penyakit kronik.

Baca Juga: 5 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan Anda

"Memang belum dibuktikan dengan jelas, tapi ini menambah faktor lain yang perlu diwaspadai," ujarnya.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian terhadap 90 ribu pria dan wanita yang berlangsung selama lebih dari 20 tahun. Hasilnya, ditemukan 2.901 kasus stroke dalam penelitian tersebut.

Kesimpulannya, pria dan wanita bergolongan darah AB memiliki risiko stroke 26 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang bergolongan darah O. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga