Hati Suhita, Film Religi di Antara Film-Film Horor

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 28 Mei 2023
0 dilihat
Hati Suhita, Film Religi di Antara Film-Film Horor
Alina Suhita dan Gus Birru yang terpaksa menikah karena penjodohan. Foto: Kincir.com

" Selama sekitar satu dekade terakhir, film-film tanah air selalu diisi dengan genre yang sama yaitu horor. Namun, pada Kamis (25/5/2023) lalu, starvision menghadirkan genre berbeda untuk bioskop tanah air melalui film terbarunya Hati Suhita "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama sekitar satu dekade terakhir, film-film tanah air selalu diisi dengan genre yang sama yaitu horor. Namun, pada Kamis  (25/5/2023) lalu, starvision menghadirkan genre berbeda untuk bioskop tanah air melalui film terbarunya Hati Suhita.

Hati Suhita sendiri, merupakan film tanah air yang mengangkat genre drama religi yang akhir-akhir ini mulai kurang di layar bioskop Indonesia. Film ini sendiri merupakan adaptasi dari novel best-seller (penjualan terlaris) karya Khilma Anis yang sangat populer.

Berkisah tentang Alina Suhita (Nadya Arina), penghafal Al-quran yang dijodohkan dengan putra pemilik pesantren, yaitu Gus Birru (Omar Daniel). Namun, setelah menikah, Gus Birru mengatakan bahwa ia tidak cinta dengan Alina, karena masih suka mantannya, yaitu Ratna Rengganis (Anggika Bolsterli). Pantang menyerah, Alina pun berusaha merebut hati Gus Birru dari Rengganis.

Baca Juga: Kajiman, Film Horor Indonesia yang Bersaing dengan Film Luar di Bioskop

Jika dilihat sekilas dari trailer maupun sinopsis yang diangkat, film itu sepertinya hanya akan menjadi film romansa religi yang begitu-begitu saja. Namun ketika menonton filmnya, asumsi awal terkait film ini seketika buyar.

Meski menghadirkan kisah cinta segitiga khas romansa religi pada umumnya, film ini justru tidak memiliki sosok antagonis. Rengganis di film yang menjadi orang ketiga justru tidak membuat penonton membencinya, justru merupakan sosok yang baik dan membuat penonton menaruh hormat padanya.

Di sisi lain, Suhita sebagai sosok yang tersakiti justru tidak pasrah dan tampil lemah sebagaimana karakter wanita tersakiti pada umumnya. Suhita di sini justru memikirkan berbagai cara untuk membuktikan kepada Gus Birru bahwa ia adalah istri yang tepat.

Karena menawarkan romansa religi yang segar, film Hati Suhita mendapatkan banyak review positif dari berbagai penontonnya maupun dari berbagai reviewer film lain.

Salah satu penonton yang turut memberikan respon positifnya di film ini, adalah Nurul yang menyaksikan film ini bersama kekasihnya.

"Bagus jalan ceritanya, karakter utamanya juga bagus, tidak menye-menye (lemah)," tuturnya pada Telisik.id, Minggu (28/5/2023).

Meski tidak setenar film-film horor, film Hati Suhita sendiri memiliki penggemarnya sendiri di Kota Kendari, hal tersebut terbukti dengan jumlah penonton film ini yang lumayan banyak. Seperti yang disampaikan oleh pegawai Cinepolis Lippo Plaza Kendari, Medi.

Baca Juga: Film Putri Duyung untuk Generasi Baru The Little Mermaid

"Iya banyak yang nonton, yang hari ini ada beberapa yang nonton, puluhan kayaknya," tuturnya.

Hal yang sama turut terjadi di Hollywood Square Kendari yang mana film ini mampu bertahan hingga 4 hari di bioskop, tidak seperti film-film romansa lain.

"Lumayan banyak yang nonton jadi kami tetap jaga penayangannya," tutur Berta pegawai Hollywood Square Kendari. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga