adplus-dvertising

Hattrick Raih Opini WTP, BPK Punya Rekomendasi untuk Manggarai dan Manggarai Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
900 dilihat
Hattrick Raih Opini WTP, BPK Punya Rekomendasi untuk Manggarai dan Manggarai Timur
Jajaran Pemkab Manggarai dan Manggarai Timur saat menerima opini WTP. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi NTT "

KUPANG, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai dan Manggarai Timur kembali memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi NTT, Jumat (28/5/2021).

Opini WTP itu diraih berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) tahun 2020.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi NTT, Adi Sudibyo kepada Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit dan Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas bertempat di Gedung BPKP Perwakilan Provinsi NTT.


Ini adalah Opini WTP ketiga yang diterima oleh Pemkab Manggarai dan Manggarai Timur, terhitung sejak tahun 2018, 2019, dan 2020.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi NTT, Adi Sudibyo dalam sambutannya, meminta agar Pemkab Manggarai dan Manggarai Timur senantiasa mempertahankan raihan opini ini di masa mendatang, sekaligus menindaklanjuti semua rekomendasi hasil pemeriksaan BPK yang tertuang dalam LHP LKPD Tahun 2020.

Ia juga meminta agar Pemkab Manggarai dan Manggarai Timur segera mempercepat proses penyelesaian aset pemerintah.

Lebih lanjut, ia mengatakan, setiap tahun kepala daerah harus menyusun laporan pertanggung jawaban dalam bentuk laporan keuangan yang mana sebelum disampaikan ke DPRD akan dilakukan pemeriksaan oleh BPK.

Baca Juga: Dikelola Bumdes, Begini Kondisi Penyambung Air Bersih ke Sembilan Desa di Muna

Khusus pemeriksaan keuangan, kata Adi Sudibyo, opini BPK didasarkan pada empat kriteria penilaian, yakni kesusaian standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap UU, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Heribertus Geradus Laju Nabit mengatakan, prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras, kerja sama, dan sinergi semua pihak termasuk mitra kerja pembangunan di DPRD.

Bupati Manggarai mengaku pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para ASN karena sudah bekerja secara maksimal, sehingga hasilnya sangat memuaskan dengan meraih opini WTP.

“Saya menyampaikan apresiasi untuk seluruh ASN yang telah bekerja secara profesional,” ujarnya.

Di lain pihak, ia juga menyampaikan komitmen agar seluruh rekomendasi dan catatan hasil pemeriksaan BPK akan segera ditindaklanjuti dan diselesaikan.

Sementara itu, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas mengungkapkan, penghargaan ini menggenapi capaian sebelumnya menjadi opini WTP yang ketiga kalinya.

Ia pun meminta seluruh jajaran Pemkab Manggarai Timur terus bekerja keras memperbaiki kekurangan-kekurangan.

Baca Juga: Dukung Komersialisasi Layanan 5G, Menkominfo Siapkan Roadmap yang Memadai

Ia juga berharap opini WTP tersebut dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya dengan penilaian yang terus meningkat.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama seluruh OPD, lembaga DPRD, dan juga BPK RI Perwakilan NTT yang terus menerus melakukan bimbingan, sehingga tata kelola keuangan Pemkab Manggarai Timur sudah dinilai cukup baik," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Damu Damian. Ia mengatakan, pihaknya terus berkolaborasi dengan unsur eksekutif demi mewujudkan tata kelola pemerintahanan yang bersih.

"Kita harus berkolaborasi agar opini WTP ini sama-sama dipertahankan dan dalam pengelolaan dapat semakin akuntabel, transparan m, dan profesional," tuturnya. (A)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga