Heboh, Kemunculan Fenomena Unik di Langit Kota Kendari, Pelangi Terbakar?

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 22 Desember 2023
0 dilihat
Heboh, Kemunculan Fenomena Unik di Langit Kota Kendari, Pelangi Terbakar?
Warga Kota Kendari antusias melihat fenomena unik di langit Kota Kendari yang dikenal sebagai pelangi api. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Pemandangan tersebut memperlihatkan pelangi yang tak berbentuk seperti biasanya. Jika pada umumnya pelangi tampak melengkung di langit, kali ini pelangi tersebut tampak berbentuk bak api yang terbakar di atas awan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada pemandangan unik di langit sore Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (22/12/2023).

Pemandangan tersebut memperlihatkan pelangi yang tak berbentuk seperti biasanya. Jika pada umumnya pelangi tampak melengkung di langit, kali ini pelangi tersebut tampak berbentuk bak api yang terbakar di atas awan.

Sontak fenomena unik ini membuat banyak warga Kendari yang sedang melakukan perjalanan menghadapkan kepalanya ke arah langit, beberapa di antaranya juga ada yang singgah untuk mengabadikan momen unik nan langka itu.

Baca Juga: Usai Fenomena Transgender dan Transcial, Kini Muncul Transable

Salah satunya ialah Aisyah, pengendara motor yang singgah mengabadikan fenomena unik tersebut di perempatan Indomaret Laute.

“Keren, baru kali ini saya lihat pelangi begitu,” tutur Aisyah setelah memotret fenomena langit tersebut.

Fenomena ini sendiri dapat dilihat di langit bagian barat Kendari. Berdasarkan pantauan Telisik.id, fenomena tersebut tampak sejak pukul 17.30 Wita dan menghilang pukul 18.00 Wita. Namun, berdasarkan informasi yang Telisik.id terima, fenomena tersebut sudah terjadi sejak pukul 17.00 Wita.

“Dari tadi kelihatan, banyak yang singgah lihat juga,” tutur Yusuf, penjual petasan di perempatan Indomaret Laute yang memantau fenomena tadi.

Baca Juga: Fenomena Devadasi di India: Jadikan Perempuan Budak Seks Berkedok Pemujaan Dewa

Saat ini, Telisik.id coba menghubungi pihak BMKG untuk mengetahui fakta di balik fenomena ini. Namun, berdasarkan fakta yang dirangkum dari liputan6.com, fenomena ini disebut sebagai pelangi api.

Pelangi api atau fire rainbow terjadi ketika cahaya Matahari dipantulkan oleh kristal es di awan yang tinggi. Pembentukan pelangi api ini disebabkan karena adanya cahaya yang melewati awan sirus pada altitud yang tinggi dan tipis. Tak hanya itu saja, pelangi api juga memilih waktu tersendiri saat muncul. Pelangi jenis ini akan terbentuk saat matahari berada cukup tinggi melebihi 58 derajat di atas ufuk.

Untuk itu, menurut Fransiska Viola Gina dikutip dari bobo.grid.id, fenomena ini cukup langka karena membutuhkan syarat-syarat khusus agar bisa terjadi. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga