Hilang 36 Tahun, Puing Pesawat Ruang Angkasa Challenger Ditemukan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 12 November 2022
0 dilihat
Hilang 36 Tahun, Puing Pesawat Ruang Angkasa Challenger Ditemukan
Penyelam menemukan bagian lambung Challenger sepanjang 6 meter saat mencari pesawat era Perang Dunia II yang jatuh. Foto: Repro Inews.id

" Puing pesawat ruang angkasa yang telah hilang selama 36 tahun, ditemukan oleh penyelam di dekat Segitiga Bermuda "

KENDARI, TELISIK.ID - Puing pesawat ruang angkasa yang telah hilang selama 36 tahun, ditemukan oleh penyelam di dekat Segitiga Bermuda.

Dikutip dari Sindonews.com, penyelam menemukan bagian lambung Challenger sepanjang 6 meter saat mencari pesawat era Perang Dunia II yang jatuh.

Mulanya para pembuat film yang menyelam menemukan lokasi di dasar laut tepatnya di Northwest of the Triangle. Mereka melihat puing-puing yang sebagian tertutup pasir. Penemuan ini merupakan bagian dari serial dokumenter History Channel, "The Bermuda Triangle: Into Cursed Waters.

Tim kemudian memberi tahu NASA dan membagikan rekaman yang diambil oleh para penyelam. Para pemimpin agensi melihatnya dan langsung setuju bahwa puing-puing itu sangat mirip dengan bagian dari Challenger. Administrator NASA Bill Nelson mengkonfirmasi temuan itu dalam sebuah pernyataan publik.

Baca Juga: Ini Alasan Presiden Rusia Batal Ikut KTT G20 di Bali

Melansir dari Livescience.com, NASA mengkonfirmasi bahwa puing-puing yang ditemukan di dasar laut lepas pantai Atlantik Florida berasal dari pesawat ulang-alik Challenger yang jatuh.

"Tragedi ini akan selamanya terpatri dalam memori kolektif negara kita,” kata administrator NASA Bill Nelson dari Live Science, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Ilmuwan Temukan 5 Fakta Burung Gagak Lebih Cerdas dari Hewan Lainnya

Mengutip Republika.co.id, artefak pesawat ulang-alik yang hilang adalah milik pemerintah Amerika Serikat (AS). Sisa dari pesawat ulang-alik diabadikan dan disimpan di Launch Complex 31 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral.

Setelah penemuan, NASA akan bekerja dengan keluarga astronot untuk memutuskan bagaimana menangani artefak yang kini ditemukan.

Diketahui, pesawat Challenger merupakan kecelakaan fatal program luar angkasa AS yang terjadi pada Selasa, 28 Januari 1986. Pesawat ulang-alik ini meledak setelah 73 detik diluncurkan yang menyebabkan kematian tujuh awaknya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga