Hilang Saat Melaut, Nelayan Butur Ditemukan Meninggal

Aris, telisik indonesia
Senin, 20 September 2021
0 dilihat
Hilang Saat Melaut, Nelayan Butur Ditemukan Meninggal
Basarnas saat melakukan pencarian terhadap korban di Perairan Kulisusu, Buton Utara. Foto: Humas Basarnas Kendari

" Sebelumnya, pada Sabtu (18/9/2021) Pukul 16.05 Wita, korban pergi melaut untuk mencari ikan dan diduga terjatuh dari long boatnya. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Seorang warga Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur), La Pusu (31) ditemukan di laut dalam keadaan meninggal dunia, Senin (20/9/2021), sekitar pukul 5.30 Wita.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/9/2021) Pukul 16.05 Wita, korban pergi melaut untuk mencari ikan dan diduga terjatuh dari long boatnya.

Selanjutnya pada Minggu (19/9/2021) pukul 10.16 Wita, long boat milik korban ditemukan dalam keadaan kosong oleh nelayan yang melintas dan melaporkannya ke masyarakat.

Humas Basarnas Kendari, Yudi mengatakan, pada Minggu (19/9/2021) pukul 12.20 Wita Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari menerima informasi dari Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur.

BPBD Butur melaporkan bahwa pada pukul 10.16 Wita sebuah long boat tanpa pengemudi ditemukan oleh nelayan yang melintas disekitar perairan Kulisusu, Kabupaten Butur.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Kapal Feri Dongkala-Kasipute Tidak Beroperasi Karena Docking Tahunan

Baca juga: CPNS Buteng Digelar Oktober, Peserta Wajib Bawa Ini

Nelayan yang menemukan long boat tersebut hanya terdapat jaring dan senter yang masih menyala. Setelah dilakukan pengecekan, diketahui loang boat tersebut adalah milik La Pusu.

Berdasarkan informasi tersebut, pada pukul 12.40 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi kejadian kecelakaan dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat untuk mememberikan bantuan SAR.

Pihak-pihak yang terlibat dalam pencarian korban yaitu Rescuer Pos SAR Wakatobi sebanyak 6 orang, BPBD Butur 1 orang, Polairud Butur 2 orang, Bhabinsa Desa Malalanda 1 orang, masyarakat setempat 20 orang, dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat 1 unit dan long boat nelayan 8 unit.

Selanjutnya, pada pukul 06.20 Wita, Yudi menerima informasi dari masyarakat nelayan di sekitar Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu yang melaporkan bahwa pada pukul 05.30 wita korban telah ditemukan oleh nelayan yg melintas sekitar 500 meter dari perkiraan lokasi kejadian kecelakaan dalam keadaan meninggal dunia.

"Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah keluarga korban," kata Yudi dalam keterangannya kepada Telisik.id. (C)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga