adplus-dvertising

Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Tanaman Hias dalam Rumah Tidak Mudah Mati

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 19 Januari 2021
2146 dilihat
Hindari 6 Kesalahan Ini Agar Tanaman Hias dalam Rumah Tidak Mudah Mati
Tanaman hias yang ada di dalam rumah butuh perlakuan khusus agar tetap subur. Foto: Repro lamudi.co.id

" Selain memberikan dekorasi yang cantik di dalam rumah, tanaman hias dapat memberikan peningkatan kesehatan alami dengan oksigen yang dikeluarkannya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanaman hias sudah dari dulu dikejar masyarakat, namun saat pandemi COVID-19, merawat tanaman hias semakin diminati sebab aktivitas masyarakat lebih banyak berada di rumah.

Selain memberikan dekorasi yang cantik di dalam rumah, tanaman hias dapat memberikan peningkatan kesehatan alami dengan oksigen yang dikeluarkannya.

Selain menambahkan udara zen alami, tanaman hias juga dapat mengurangi stres dengan berkontribusi pada tekanan darah rendah, mencegah alergi, menghentikan sakit kepala, membantu tidur dan banyak lagi.


Namun sayangnya ada beberapa orang yang salah merawat tanaman hias ini di dalam rumah dan mengakibatkan tanaman yang tumbuh kurang baik bahkan tak jarang mati dan terpaksa harus disingkirkan dari rumah.

Melansir House Beautiful yang dikutip KOMPAS.com, setidaknya ada enam kesalahan umum yang dilakukan saat dan sebelum merawat tanaman hias di dalam rumah:

1. Tidak mengetahui jenis tanaman

Memilih tanaman tanpa petunjuk perawatan dan mengetahui jenisnya akan membuat tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan baik. Kenali tanaman Anda, dan ikuti instruksinya yang ada agar bisa merawatnya dengan baik.

Baca juga: 5 Tips Aman Saat Bercinta di Rumah Mertua

2. Salah peletakan

Tak hanya mengetahui jenis tanamannya saja, namun mengetahui bagaimana habitat aslinya dan seberapa banyak mereka harus terpapar sinar matahari juga menjadi poin utama dalam merawat tanaman.

Ada berbagai macam lingkungan yang berbeda di rumah Anda, dari kamar mandi yang teduh namun beruap hingga ambang jendela yang cerah. Masing-masing akan menawarkan lokasi yang sempurna tetapi hanya untuk tanaman yang tepat.

3. Menempatkan di dekat radiator atau dekat suhu panas

Tidak ada satu pun tanaman hias yang akan senang di atas radiator. Seberapa banyak Anda menyiramnya, panas tanpa henti akan mengeringkannya dan menyebabkan layu.

4. Tidak membersihkan debu

Rumah merupakan tempat yang berdebu dan tidak ada air hujan yang bisa membersihkan tanaman dari debu. Oleh karena itu, membersihkan debu secara berkala dapat menjaga daunnya dari tumpukan debu yang menghambat proses fotosintesis.

5. Penyiraman berlebihan

Masalah umum di mana orang melakukan kesalahan adalah menyiram tanaman terlalu banyak air. Overwatering, terutama saat tanaman tidak tumbuh, adalah salah satu penyebab terbesar kematian tanaman.

Sebagai aturan umum untuk tanaman hias pada umumnya adalah menjaganya agar tetap lembap namun tidak basah.

6. Sinar matahari langsung

Idealnya, tanaman hias harus dijauhkan dari cahaya langsung. Jika ternyata sayuran dalam ruangan Anda masih layu meskipun disiram secara teratur, cobalah memutarnya setiap beberapa hari untuk menghindari kerusakan.

Terlalu sedikit cahaya juga akan menghambat pertumbuhan dan merusak kesehatan tanaman, jadi sebelum memilih lakukan penelitian tentang berbagai varietas yang tersedia dan seberapa cocok mereka untuk setiap ruangan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga