adplus-dvertising

Hindari Kebingungan Masyarakat, Polri Bakal Ganti Warna Seragam Satpam

M. Risman Amin Boti, telisik indonesia
Kamis, 13 Januari 2022
615 dilihat
Hindari Kebingungan Masyarakat, Polri Bakal Ganti Warna Seragam Satpam
Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto : Repro sindonews.com

" Polri bakal mengubah aturan soal warna seragam satuan pengamanan "

JAKARTA,TELISIK.ID - Polri bakal mengubah aturan soal warna seragam satuan pengamanan (Satpam) dari cokelat muda menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Ahmad Ramadhan mengatakan, rencana perubahan warna seragam Satpam merupakan keinginan dari masyarakat.

“Tetapi, seperti yang saya sampaikan tadi untuk mengakomodir keinginan-keinginan masyarakat dan agar masyarakat enggak bingung,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1/2022).


Ramadhan menjelaskan, perubahan warna baju seragam Satpam menjadi krem ini dilakukan agar masyarakat tidak kebingungan. Menurutnya, perubahan warna seragam Satpam dari coklat menjadi krem tidak akan terlalu mencolok.

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan Satpam, jadi untuk membedakan pakaiannya rencananya lebih muda sedikit dari baju Polri, dengan celana tetap sama, coklat muda atau agak krem begitu," kata Ahmad Ramadhan.

Ia menyebut, Satpam sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri.

Adapun perubahan ini akan diatur dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) akan efektif berlaku setahun sejak Perpol diterbitkan.

Baca Juga: Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi, Kapolri: Beri Rasa Aman Masyarakat

“Efektifnya diberlakukan setahun setelah Perpol nantinya terbentuk,” ucapnya.

Kendati demikian, Ramadhan mengungkap, Polri akan memperkenalkan seragam baru itu pada hari ulang tahun (HUT) ke-41 Satpam.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 dan pada saat itu akan diperkenalkan,” ujarnya.

Baca Juga: Kartu Prakerja 2022 Telah Dimulai, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Diketahui, selama ini warna seragam Satpam adalah atasan putih dan bawahan biru tua. Warna ini kemudian diganti dengan nuansa cokelat mirip seragam polisi.

Hal ini menimbulkan kebingungan pada masyarakat karena hampir sulit membedakan antara Satpam dan polisi. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Kardin

Baca Juga