HMJ Pendidikan Matematika UHO Gelar Pamer ke-17 Tingkat Nasional

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 21 Mei 2024
0 dilihat
HMJ Pendidikan Matematika UHO Gelar Pamer ke-17 Tingkat Nasional
Foto bersama dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UHO Kendari usai membuka kegiatan PAMER. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaksanakan kegiatan Pekan Matematika Kreatif (Pamer) XVII "

KENDARI, TELISIK.ID - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaksanakan kegiatan Pekan Matematika Kreatif (Pamer) XVII, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan ini mengambil tema Mengembangkan Pola Berpikir Matematis untuk Mewujudkan Generasi Brilliant (Brave, Resourcefull, Ingenious, Logical Thinking, Loyality, Attitude, Numerative, Talented) melalui kompetisi matematika di era society 5.0.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, terlihat sejumlah mahasiswa menampilkan tetrikal karya seni yang membuat penonton terpukau untuk mengawali berbagai lomba kegiatan.

Ketua Panitia Kegiatan Pamer, Sukma Abdil Mahbub mengatakan, melalui tema ini dapat mewujudkan generasi Brilliant dengan mengembangkan pola berpikir matematis dalam memperkuat daya saing dan menumbuhkan jiwa kompetitif di era society 5.0,

Baca Juga: Toko Damai Kendari Buka Loker Posisi Ini Buruan Daftar

Pamer Season XVII ini dilaksanakan sejak 21 Mei hingga 27 Mei 2024. Kegiatan terdiri dari 10 lomba olimpiade yang diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa se-Indonesia.

"Lomba di kegiatan ini sendiri terdiri dari lomba olimpiade yang diselenggarakan untuk jenjang SD, SMP, SMA dengan jumlah peserta 128 orang. Lomba LCCM siswa jenjang SD, SMP, dan SMA dengan jumlah peserta 46 tim," kata Sukma Abdil.

Sukma Abdil mengatakan, adapun jenis lomba yang dibuka yakni, lomba literasi jenjang SMP dan SMA dengan maksimal usia 15 tahun dengan jumlah peserta 23 orang.

Lomba ranking 1 jenjang SD dengan jumlah peserta 43 orang. Lomba project jenjang SMP, SMA dan Mahasiswa dengan jumlah peserta 14 tim.

Lomba LKTI jenjang SMA dan mahasiswa dengan jumlah peserta 13 tim. Lomba cipta baca puisi, microteaching dengan jumlah 3 orang, lomba essay diikuti SMA dan Mahasiswa dengan jumlah peserta 16 orang, dan video educatif dengan jumlah peserta 3 tim.

Kegiatan ini bakal dilaksanakan di beberapa lokasi yakni Sport Center, aula FKIP, aula PPG, lab Matematika, dan Lippo Plaza Kendari.

Ketua HMJ Pendidikan Matematika, Bayu Surya Saputra mengungkapkan, kegiatan tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya dan sudah dilaksanakan sebanyak 17 kali.

"Kegiatan rutin tahunan ini merupakan bagian dari penunjang akreditasi jurusan, saya sangat berharap kegiatan ini sukses terlaksana," kata Bayu.

Ia juga turut mengapresiasi kerjasama tim dari mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika sehingga kegiatan berstandar nasional ini dapat dibuka dengan lancar.

Baca Juga: Penyebab Rusak Pekerjaan Struktur Beton Bertulang dan Dinding

Sementara itu, Ketua Jurusan Pendidikan Matematika UHO, Awaluddin menyampaikan, kegiatan ini membuktikan bahwa matematika tidak sekedar mengasah logical thinking, tetapi bagaimana matematika itu menghaluskan budi pekerti melalui karya seni yang disampaikan.

"Hari ini kita lihat bahwa dengan adanya kegiatan ini, dapat menghasilkan produk generasi mulai dari anak-anak SD, SMP, SMA hingga mahasiswa mengasah kemampuan dan keberanian," kata Awaluddin.

Selain itu, tambah Awaluddin, kegiatan ini sebagai bagian penunjang akreditasi menuju akreditasi unggul.

"Kegiatan ini adalah bagian untuk membuktikan bahwa program studi pendidikan matematika tidaknya mengasah penalaran, tetapi karya seni juga," terang Awaluddin. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga