Honda Sonic 150R Disorot karena Model Mirip Suzuki Satria FU

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Honda Sonic 150R Disorot karena Model Mirip Suzuki Satria FU
Desain kedua motor ini dianggap sangat mirip, meski berasal dari pabrikan berbeda. Foto: Repro Instagram @ahlunnadza28, Satria FU150_modif

" Ketika melihat motor Honda Sonic 150R yang baru dirilis, banyak mata tertuju pada desainnya yang memicu kontroversi, karena kemiripannya dengan legenda jalanan, Suzuki Satria FU "

KENDARI, TELISIK.ID – Desain yang mencuri perhatian, disinyalir memiliki kemiripan dengan ikon motor bebek sport Suzuki Satria FU. Sebuah karya dari Astra Honda yang telah lama menjadi sorotan pecinta otomotif di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketika melihat motor Honda Sonic 150R yang baru dirilis, banyak mata tertuju pada desainnya yang memicu kontroversi. Model tersebut kerap dihujat oleh pecinta otomotif di Kota Kendari, karena kemiripannya dengan legenda jalanan, Suzuki Satria FU.

Dikutip dari situs resmi Astra-honda.com, Honda Sonic 150R menawarkan sejumlah spesifikasi yang patut diperhitungkan. Mesin 4-langkah DOHC dengan kapasitas 149.16 cc menjadi andalan dalam menghasilkan tenaga maksimum hingga 11.8 kW (16.0 PS) pada 9,000 rpm, serta torsi maksimum mencapai 13.5 Nm pada 6,500 rpm.

Dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI, motor ini juga memiliki rasio kompresi yang mencapai 11.3:1, memberikan performa luar biasa bagi penggemarnya.

Baca Juga: Motor Keong, Primadona Pekerja Kantoran di Kota Kendari

Salah satu pengguna motor, Giman (25) mengatakan, desain Honda Sonic 150R mengingatkannya pada gaya khas Suzuki Satria FU. "Modelnya mirip Satria FU, tapi mesin ada perbedaan masing-masing motor," ucapnya, (17/8/2023).

Walaupun terdapat perbedaan, tetapi kemiripan tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi motor ini.

Namun, pandangan tersebut tidak selalu diterima dengan baik oleh semua pihak. Salah seorang pengguna setia Suzuki Satria FU, Dimas Marhan mengatakan, Suzuki Satria hadir lebih awal. Dan mempunyai rentan umur produksi yang terlalu jauh.

Baca Juga: Suzuki NEX II, Warna Selera Anak Muda, Mesin Halus dan Ramping

Sebagai pembanding, motor Suzuki Satria FU juga memiliki spesifikasi yang tak kalah menarik. Dilansir dari suzuki.co.id, mesin 4-tak berkapasitas 147,3 cc ini memiliki tenaga maksimum hingga 13.6 kw pada 10,000 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 13.8 N-m pada 8,500 rpm.

Dengan sistem bahan bakar Fuel Injection dan transmisi 6 percepatan, Satria FU tetap menjadi pilihan favorit bagi para pecinta motor sport.

Mengupas lebih dalam, seorang mekanik berpengalaman, Rizki Septian, mengemukakan, kedua motor ini memiliki perbedaan signifikan pada mesin dan komponen kaki-kaki. Desain memang menimbulkan kesan mirip, tetapi keunggulan masing-masing motor terletak pada detail teknisnya. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga