adplus-dvertising

Honor Naik, Petugas Kebersihan Muna Menjerit

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 01 Februari 2022
2026 dilihat
Honor Naik, Petugas Kebersihan Muna Menjerit
Petugas kebersihan DLH Muna. Foto : Sunaryo/Telisik

" Sekretaris DLH Muna, La Bama yang dikonfirmasi, membenarkan bila para honorer belum menerima honor selama dua bulan "

MUNA, TELISIK.ID - Kebijakan Bupati Muna, LM Rusman Emba menaikan honor para petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tahun 2021 justru menimbulkan derita.

Dampak kenaikan itu, para honorer justru menjerit. Honor mereka selama dua bulan di tahun 2021 (November-Desember) tidak dibayarkan. Mereka sudah berusaha menuntut hak, namun tidak ada kepastian dari DLH.

Sekretaris DLH Muna, La Bama yang dikonfirmasi, membenarkan bila para honorer belum menerima honor selama dua bulan. Hal tersebut disebabkan, anggaran tahun 2021 tidak mencukupi akibat adanya kenaikan honor.


"Anggaran sebenarnya dimasukan di Perubahan APBD 2021, tetapi karena tidak disetujui, dananya terpaksa tidak ada," kata La Bama, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga: Tak Diurus PT KAI, Kondisi Jembatan Cincin Tuban-Bojonegoro Memprihatinkan

Baca Juga: HUT Gerindra, Ratusan Pendonor Sumbangkan Darah

Honor petugas kebersihan yang belum diterima sebesar kurang lebih Rp 540 juta. Satu bulannya, Rp 270 juta. Nah, kekurangan itu, sudah dibicarkan oleh Bupati, LM Rusman Emba bersama Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Amrin Fiini.

"Anggaranya tersedia, tinggal dicarikan judulnya, karena tidak bisa honor," sebutnya.

Upah para honorer bervariasi. Untuk sopir sebesar Rp 1.250.000, pengangkut sampah Rp 1.150.000, penyapu Rp 900 ribu dan pemotong rumput Rp 950 ribu. Honor diterima setiap bulan. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga