Hotel Terapung Dibenahi Buat Tempat Penginapan Tenaga Medis

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 01 Mei 2020
0 dilihat
Hotel Terapung Dibenahi Buat Tempat Penginapan Tenaga Medis
Hotel terapung yang akan ditempati tenaga medis. Foto : Naryo/Telisik

" Sambil menunggu penyelesaian pembenahan, para tenaga medis sementara menempati ruang di lantai tiga RS. Ruangannya juga cukup representatif. "

MUNA, TELISIK.ID - Tidak adanya hotel yang mau menjadi tempat menginapnya para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Rumah Sakit (RS) Raha, membuat Pemkab melakukan langkah-langkah.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, para tenaga medis akan disiapkan di hotel terapung milik Pemkab Muna. Untuk saat ini, hotel tersebut dalam tahap pembenahan.

"Sambil menunggu penyelesaian pembenahan, para tenaga medis sementara menempati ruang di lantai tiga RS. Ruangannya juga cukup representatif," kata Rusman.

Mantan senator DPD-RI itu mengatakan, bukannya tidak mau menindaki hotel-hotel yang menolak menginapkan tenaga medis. Namun, ini bicara masalah kemanusiaan. Karena, hampir seluruh hotel di Bumi Sowite dijadikan sebagai rumah oleh para pemiliknya.

Baca juga: Warga Tunggu Aksi DPRD Sultra Pimpin Demo Tolak 500 TKA China

"Saya yakin mereka tidak menolak. Tetapi berhubung hotel dijadikan sebagai rumah, mereka pasti juga was-was," ujarnya.  Dia berharap tenaga medis bersabar. Pemkab, pastinya akan menyediakan fasilitas penginapan yang sangat memadai. Mengingat tugas mereka sebagai pahlawan kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan virus mematikan itu.

"Intinya semua fasilitas dan kebutuhan mereka kami akan siapkan," janjinya.

Jumlah tenaga medis yang merawat pasien Corona sebanyak 19 orang (termasuk 1 kepala ruangan). Selama pasien belum dinyatakan sembuh, mereka tetap stay di RS. Rata-rata mereka honorer. Hanya kepala ruangan yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN).

Reporter : Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga