Hujan Sejenak Rumah Warga Tergenang, Ini Penyebabnya

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Minggu, 12 Maret 2023
0 dilihat
Hujan Sejenak Rumah Warga Tergenang, Ini Penyebabnya
Pohon lindung yang menutup drainase dan rumah warga yang tergenang. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Warga di poros Jalan Ir. H. Alala, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, mengeluhkan adanya pohon lindung yang nenutupi drainase "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga di poros Jalan Ir. H. Alala, Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, mengeluhkan adanya pohon lindung yang nenutupi drainase. Pohon tersebut menyebabkan drainase tertutup, sehingga air tak bisa mengalir.

Akibatnya, bila turun hujan, meski cuma sebentar, rumah warga menjadi sasaran air tergenang. Warga mengaku sudah beberapa kali bersurat ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, namun hingga saat ini tidak ada tanggapan.

Maulana, salah seorang warga mengungkapkan, rumahnya sudah berbulan-bulan rumahnya tergenang air setiap hujan turun.

"Sudah seringkali rumah kami tergenang air hingga masuk ke dalam kamar. Tapi kami hanya bisa pasrah," ujar Maulana, Minggu (12/3/2023).

Baca Juga: Sejumlah Traffic Light di Kota Kendari Padam Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Maulana dan warga lain tak dapat berbuat apa-apa pak karena drainase sudah tertutup oleh pohon lindung. Warga tak berani menebang pohon itu karena takut kena denda dari Pemerintah Kota Kendari.

Warga lainnya, Alexander, mengaku bahwa pihak RT telah beberapa kali bersurat di DLHK Kota Kendari namun hingga saat ini tidak ada tanggapan.

Baca Juga: Sejumlah Daerah di Sulawesi Tenggara Bakal Diguyur Hujan Malam Ini

"Ketua RT kami sudah beberapa kali bersurat, tapi tidak ada tanggapan, dan setiap kali hujan turun pasti rumah kami tergenang," ujar Alexander.

Warga sangat berharap dengan pemerintah kota saat ini, yang dipimpin Pj Asmawa Tosepu. Mereka berharap keluhan mereka ditanggapi.

"Karena hanya pohon lindung itu yang selama ini menghalangi hingga drainase tertutup," tambah Alexander sambil menunjuk sebuah pohon di pinggiran jalan. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga