HUT ke-192 Kota Kendari Angkat Budaya Lokal

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
HUT ke-192 Kota Kendari Angkat Budaya Lokal
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memimpin rapat persiapan perayaan HUT ke-192 Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari akan mempromosikan berbagai budaya lokal Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Kendari dalam perayaan HUT ke-192 Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari akan mempromosikan berbagai budaya lokal Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Kendari dalam perayaan HUT ke-192 Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menjelaskan, momentum HUT Kota Kendari Pemkot akan kembali menumbuh kembangkan budaya lokal Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Kendari seperti lomba musik bambu, gambus, tarian tradisional dan sejumlah tradisi masyarakat.

"Kita siapkan juga momen strategis terkait dengan peresmian gedung balai kota, peresmian jalan PEN, RSUD type D dan Puskesmas Kandai. Mudah-mudahan bisa pada momen perayaan 192 tahun Kota Kendari," jelasnya, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Buatan dalam Negeri Sudah Ada di Kendari

Menurutnya, HUT Kota Kendari kali ini akan dibuat dengan konsep yang lebih sederhana, namun bisa melibatkan masyarakat Kota Kendari secara luas. Rencananya kegiatan akan dimulai Januari-Mei 2023.

Adapun beberapa kegiatan lomba yang akan dilaksanakan di antaranya, lomba kebersihan dan keindahan lingkungan melibatkan kelurahan termasuk OPD, untuk memastikan kebersihan Kota Kendari dimulai dari masyarakat.

Kegiatan lainnya yang akan dilakukan ialah kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti donor darah, sunatan massal, operasi bibir sumbing hingga kegiatan nikah massal, serta sejumlah kegiatan olahraga.

Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala meminta Dinas Pariwisata menjadikan HUT Kota Kendari sebagai kalender wisata tahunan, karena Pemerintah Kota Kendari akan mengangkat kembali budaya masyarakat lokal dan memperkenalkan kepada generasi muda.

"Dinas Pariwisata, ini bisa dirancang menjadi kalender wisata, Insya Allah akan berlanjut setiap tahun," katanya.

Sekda Kota Kendari yang ditunjuk sebagai ketua umum pelaksanaan HUT Kota Kendari, juga telah membagi tugas pada seluruh OPD hingga camat untuk terlibat dalam seluruh kegiatan.

Baca Juga: THM Diduga Sumbang Penularan HIV Aids di Kota Kendari yang Capai 272 kasus

Sementara Camat Kendari Barat, Amir Yusuf mengaku, akan mengajak masyarakatnya untuk terlibat dalam perayaan HUT Kota Kendari agar lebih meriah.

"Saya punya mimpi masyarakat Kendari Barat yang tinggal di jalan poros terlibat seperti perayaan HUT RI, mereka memasang umbul-umbul, lampu berwana-warni dan ucapan selamat," katanya.

Dia yakin dengan melibatkan masyarakat, HUT Kota Kendari semakin meriah dan masyarakat akan semakin cinta dengan Kota Kendari karena mereka dilibatkan.

Rencananya puncak perayaan HUT Kota Kendari akan berlangsung 9 Mei 2023. (A)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga