HUT ke-3 JMSI Diharap Lahirkan Pemberitaan Berkualitas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 08 Februari 2023
0 dilihat
HUT ke-3 JMSI Diharap Lahirkan Pemberitaan Berkualitas
Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu minta para pemilik media siber, khususnya anggota JMSI bertanggungjawab dalam melahirkan pemberitaan berkualitas untuk pemilu yang sehat. Foto: Ist.

" Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, memberikan sambutan sekaligus menjdi pembicara kunci dalam seminar ‘Media Siber Sehat, Pemilu Bermartabat’ yang digelar di salah satu hotel di Medan "

MEDAN, TELISIK.ID - Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, memberikan sambutan sekaligus menjdi pembicara kunci dalam seminar ‘Media Siber Sehat, Pemilu Bermartabat’ yang digelar di salah satu hotel di Medan, Rabu (8/2/2023).

Acara tersebut merupakan bagian dari puncak HUT ke-3 Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI). Ketua Dewan Pers itu minta para pemilik media siber, khususnya anggota JMSI bertanggungjawab dalam melahirkan pemberitaan berkualitas untuk pemilu yang sehat.

Ia juga menyebutkan, media siber miliki peran penting dalam memberikan pendidikan kepemiluan bagi masyarakat. Untuk itu, penting membangun pemberitaan yang sehat, tidak berpihak, bahkan justru terjebak dalam arus politik identitas.

Baca Juga: Polisi Diminta Periksa Oknum Anggota DPRD Medan Soal Dugaan Ijazah Palsu

"Tentu, kita tidak ingin jadi bagian yang ikut membelah pilihan politik warga, terutama dengan isu dan politik identitas. Kita mesti belajar tentang residu politik, kampret dan cebong, yang hingga saat ini mengganggu iklim demokrasi di Indonesia," tambahnya.

Ia berharap, JMSI sebagai organisasi perusahaan siber, ikut mengawal Pemilu 2024 dengan bijak, dengan tetap kedepankan produk pers yang sehat dan profesional.

Selain menghadirkan Ketua Dewan Pers, sejumlah nama tokoh lainnya ikut serta dalam acara itu, seperti Wagub Sumatera Utara Musa Rajeksha, Agung Darma Jaya, dan Ketua KPU RI.

Sebelumnya, JMSI Sumatera Utara membagikan sembako pada janda dan anak yatim wartawan di salah satu hotel di Kota Medan.

Sembako berupa beras, mi instan, serta minyak goreng dan santunan kepada warga yakni janda dan anak yatim wartawan.

“Hal ini merupakan kebaikan kita dalam rangkaian kegiatan HUT ke-3 JMSI dan bertepatan juga Hari Pers Nasional (HPN),” ujarnya dikutip dari Geosiar.com

Mengutip Porostimur.com, JMSI secara resmi meluncurkan sertifikat dan barcode bagi setiap media online yang menjadi anggotanya. Peluncuran sertifikat dan barcode anggota yang merupakan rangkaian puncak peringatan HUT ke-3 JMSI.

Ketua Bidang Organisasi PP JMSI Dino Umahuk mengatakan, sertifikat dan barcode merupakan bentuk perlindungan kepada setiap anggota JMSI dari praktek tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan JMSI.

Baca Juga: Polisi Diminta Periksa Oknum Anggota DPRD Medan Soal Dugaan Ijazah Palsu

Selain itu, sertifikat dan barcode juga merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap publik terkait keberadaan media yang profesional.

“Jadi dengan adanya sertifikat dan barcode ini setiap anggota JMSI dapat diketahui oleh publik. Ketika barcodenya discan, maka langsung terhubung ke sistem kita dan langsung ketahuan media yang bersangkutan anggota JMSI atau bukan,” bebernya.

Dino menambahkan, dengan adanya sertifikat dan barcode ini, juga memudahkan Dewan Pers dalam memantau keberadaan media siber yang menjadi anggota JMSI. Demikian juga dengan publik bila ada sengketa pers. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga