HUT Kolaka Timur Digelar Sangat Meriah Namun Tugu 45 Terabaikan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
HUT Kolaka Timur Digelar Sangat Meriah Namun Tugu 45 Terabaikan
Tugu 45 yang menjadi simbol Kabupaten Kolaka Timur, yang kurang terawat dan tampak kumuh. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Masyarakat sangat menyayangkan Tugu 45 yang merupakan ikon Kabupaten Kolaka Timur, tidak terurus dan tidak terawat, sehingga tampak sangat kumuh "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Perayaan HUT Kolaka Timur yang ke-10 digelar sangat meriah dan megah, diisi berbagai kegiatan juga menghadirkan artis-artis ibu kota yang dimulai sejak tanggal 11 hingga 13 Januari 2023.

Namun di momen HUT Kolaka Timur kali ini, masyarakat sangat menyayangkan Tugu 45 yang merupakan ikon Kabupaten Kolaka Timur, tidak terurus dan tidak terawat, sehingga tampak sangat kumuh.

Salah satu masyarakat yang berada di sekitar tugu yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, tugu yang menjadi logo Kabupaten Kolaka Timur, di momen ini harusnya dibersihkan.

"Setidaknya dicat atau bagaimana, supaya terlihat rapi. Kalau dulu, tugu ini selalu bersih dan kalau malam lampunya menyala semua, tapi sekarang gelap mi," ungkapnya.

Tugu ini terletak di titik nol atau di pusat ibu kota Kabupaten Kolaka Timur di Kelurahan Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta.

Baca Juga: Kapal Kayu Ganti Peran Fery Penyeberangan Kendari-Langara yang Docking

Tugu 45 adalah peninggalan sejarah, merupakan saksi perjuangan para pejuang kemerdekaan, juga menjadi bagian dari sejarah terbentuknya Kabupaten Kolaka Timur.

Diketahui, perjalanan terbentuknya daerah otonomi baru Kabupaten Kolaka Timur sangat panjang. Para tokoh dan pemuda pejuang pemekaran Kolaka Timur melewati banyak cobaan sebelum akhirnya Kolaka Timur mekar dari Kabupaten induknya, Kolaka.

Karena itu, LSM Lira Kolaka Timur meminta kepada Pemda Kolaka Timur agar simbol sejarah perjuangan yang juga menjadi logo kabupaten itu dipelihara dan dirawat dengan baik, sehingga memperindah perwajahan ibu kota Kabupaten Kolaka Timur.

"Dulu tugu ini selalu dibersihkan bahkan dipasangi lampu-lampu untuk menghiasi tugu," ungkap Karnito, Sekretaris Lira Kolaka Timur.

Baca Juga: Laka Lantas di Ngada Nusa Tenggara Timur Meningkat

Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Bappeda Litbang Kolaka Timur saat dikonfirmasi tidak bersedia memberikan keterangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Nyoman Abdi saat dikonfirmasi melalui telepon menuturkan, terkait Tugu 45, Plt Bupati Kolaka Timur sudah menugaskan OPD terkait untuk melakukan pembersihan dan pengecatan.

"Seharusnya dicat dan dibersihkan karena pak Bupati sudah menugaskan OPD terkait, tapi itu bukan ranah Kominfo," tandasnya. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga