Hutan Warangga Dirambah, Muna Terancam Kekeringan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
Hutan Warangga Dirambah, Muna Terancam Kekeringan
Kondisi hutan lindung Warangga, Kabupaten Muna yang mulai dikuasai masyarakat. Foto: Ist.

" Kawasan hutan lindung Warangga, Kabupaten Muna diduga terus dirambah oleh masyarakat. Ironisnya, sampai saat ini belum ada langkah-langkah oleh pemerintah, khususnya Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tenggara melalui KPH Unit VI Pulau Muna untuk menghentikan aktivitas itu "

MUNA, TELISIK.ID - Kawasan hutan lindung Warangga, Kabupaten Muna diduga terus dirambah oleh masyarakat. Ironisnya, sampai saat ini belum ada langkah-langkah oleh pemerintah, khususnya Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tenggara melalui KPH Unit VI Pulau Muna untuk menghentikan aktivitas itu.

Direktur Aktivis Lingkungan Gerakan Penggiat Sultra (GPS), Elly Anggraeni menerangkan, bila aktivitas perambahan itu terus dibiarkan, akan mengancam sumber mata air Jompi.

"Otomatis akan terjadi kekeringan, karena satu-satunya penyangga mata air Jompi adalah hutan Warangga," kata Elly, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Padi 1 Juta Hektare Dipanen untuk Penuhi Kebutuhan Beras Muna Barat

Ia menyayangkan sikap KPH dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna yang terkesan melakukan pembiaran. Padahal, lokasi kantor KPH tidak terlalu jauh.

"Kita sudah pertanyakan di KPH, alasannya keterbatasan anggaran. Bila begitu modelnya, berarti sama saja ini dilakukan pembiaran. Kasihan, beberapa tahun ke depan, masyarakat akan susah mendapatkan air bersih. Jompi pasti kering," ungkapnya.

Direktur PDAM Tirta Sugi Laende, Muhamad Nurhayat Fariki mengaku, saat ini debit air di Jompi sudah berkurang. Akibat gundulnya hutan Warangga, setiap musim hujan, air menjadi keruh.

"Bila hutan Warangga dibiarkan semakin gundul, debit air semakin berkurang, bahkan bisa kering," ujarnya.

Sementara itu, Kabag TU KPH Unit VI Pulau Muna, Dony Daselva menerangkan, untuk mengusir masyarakat yang melakukan pematokan di Warangga terkendala pada personil dan anggaran.

Baca Juga: Camat di Muna Tak Akan Keluarkan Rekomendasi Pergantian Perangkat Desa

"Kita turun juga di lokasi (Warangga) dan telah memasang spanduk himbauan agar tidak melakukan pematokan dan perambahan," ujarnya.

Ia mengaku, aktivitas masyarakat di Warangga juga sudah dilaporkan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan pos penegakan hukum. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Muna dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengamankan Warangga. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga