IAIN Kendari Bersiap Transformasi Jadi Universitas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 07 November 2019
0 dilihat
IAIN Kendari Bersiap Transformasi Jadi Universitas
Kampus IAIN Kendari Foto: Repro Google.com

" Kedepan kita akan melakukan evaluasi unit kerja yang serapan anggarannya masih rendah dengan tujuan menemukan solusi agar realisasi anggaran meningkat sesuai dengan target yang ditetapkan "

KENDARI, TELISIK.ID – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyiapkan sejumlah program yang akan diprioritaskan untuk terwujudnya transformasi kelembagaan dari Institut menjadi Universitas.

Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad mengatakan, program prioritas dalam mendukung terwujudnya transformasi kelembagaan dari Institut menjadi Universitas diantaranya adalah percepatan guru besar, peningkatan kapasitas dosen, peningkatan mutu pengelolaan jurnal ilmiah, peningkatan mutu akademik serta pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa.

Olehnya itu, pihaknya meminta pimpinan fakultas, lembaga dan unit untuk menyusun program yang mengacu pada kebijakan prioritas tersebut.

“Kita harus menyatukan komitmen bahwa anggaran yang kita kelola dalam rangka mewujudkan cita-cita kita bersama transformasi dari IAIN ke UIN. Memang tidak bisa diwujudkan sekaligus pada tahun ini, akan tetapi akan diupayakan secara bertahap. Salah satu contoh program percepatan guru besar akan kita dahulukan yang sudah memenuhi syarat, tahun berikutnya baru menyusul yang lain,” katanya saat membuka kegiatan Workshop Penyusunan Anggaran di salah satu hotel di Kendari yang berlangsung empat hari, 6-9 November mendatang.

Selain penyusunan program berbasis program prioritas, Rektor juga meminta pelaksana anggaran untuk meningkatkan jumlah serapan anggaran sesuai target yang direncanakan. Serapan anggaran menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan anggaran.


“Kedepan kita akan melakukan evaluasi unit kerja yang serapan anggarannya masih rendah dengan tujuan menemukan solusi agar realisasi anggaran meningkat sesuai dengan target yang ditetapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, Nanang Fatchurrochman menjelaskan, penyusunan program dan kegiatan sepatutnya berdasarkan standar efektifitas dan berbasis output yang selaras dengan kebijakan pimpinan.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh pelaksana anggaran meningkatkan koordinasi dan konsultasi internal sebagai salah satu upaya untuk memastikan program yang disusun telah sesuai dengan target pengembangan kelembagaan.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Ibnu

Baca Juga