IAIN Kendari Punya Rektor Baru April Mendatang, 3 Nama Disodorkan ke Meja Menteri Agama

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
IAIN Kendari Punya Rektor Baru April Mendatang, 3 Nama Disodorkan ke Meja Menteri Agama
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas akan menentukan langsung siapa yang bakal memimpin IAIN Kendari periode 2023-2027. Foto: Repro Kompas.com

" Diperkirakan bulan April mendatang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bakal punya rektor baru "

KENDARI, TELISIK.ID - Diperkirakan bulan April mendatang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari bakal punya rektor baru. Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas akan menentukan langsung siapa yang bakal memimpin IAIN Kendari periode 2023-2027.

Diketahui, Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd telah menyerahkan berkas sembilan bakal calon Rektor IAIN Kendari ke Kementerian Agama RI yang diterima Sekretaris Menteri Agama Muchamad Sidik Sisdiyanto di ruang kerjanya.

"Pada dasarnya, seluruh calon memiliki kompetensi dan peluang yang sama untuk memimpin IAIN Kendari. Kami berharap para bakal calon rektor dapat mengikuti seleksi berikutnya dengan baik dan siapapun yang terpilih kami yakin akan memiliki komitmen membangun IAIN Kendari menjadi kampus yang berkualitas,” ucapnya.

Dari sembilan bakal calon Rektor IAIN Kendari, nantinya akan tersisa tiga nama yang akan disodorkan ke meja Menag.

Baca Juga: Siapa Paling Berpotensi Pimpin IAIN Kendari?

"Harusnya tanggal 9 April sudah rektor baru. Nanti ikut seleksi di kementerian akan terpilih 3 orang yang diajukan ke menteri," kata Humas IAIN Kendari,  Lily Ulfia.

Sebelumnya, sembilan bakal calon Rektor IAIN Kendari telah melewati uji administrasi dan kualitatif yang dilakukan oleh Ketua dan 8 Anggota Senat selama dua hari pada tanggal 25 dan 26 Januari 2023.

Baca Juga: Latar Belakang Organisasi Calon Rektor IAIN Kendari Tak Berpengaruh

Selama pelaksanaan uji kualitatif, peserta diminta membuat pernyataan kualifikasi diri yang dilanjutkan dengan presentasi pendalaman visi misi dan program kerja bakal calon Rektor IAIN Kendari.

Ketua dan para anggota senat memberikan pertimbangan atas pemaparan dari para bakal calon rektor dengan beberapa indikator penilaian antara lain, moralitas/integritas, kepemimpinan, manajerial, kompetensi/reputasi akademik, jaringan kerja sama, visi, misi dan program kerja.

“Senat telah memberikan pertimbangan yang matang dan obyektif dan sepakat memutuskan bahwa seluruh bakal calon rektor memenuhi syarat kualitatif untuk mengikuti tahapan berikutnya yaitu seleksi di tingkat kementerian,” papar Ketua Senat IAIN Kendari, Prof. Dr. Zulkifli Mustan, M.Si, M.Pd. (A-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga