IBI Kolaka Timur Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
IBI Kolaka Timur Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi
Pemkab Kolaka Timur dukung pelaksanaan rakercab IBI guna tingkatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Tingkatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kolaka Timur gelar rapat kerja cabang (rakercab) I di Aula Pemda Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Tingkatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kolaka Timur gelar rapat kerja cabang (rakercab) I di Aula Pemda Kolaka Timur, Jumat (19/5/2023).

Ketua Pimpinan Cabang IBI Kolaka Timur, Dahlia Yuli Astuti menuturkan, rakercab yang baru saja dibuka oleh Plt Bupati Kolaka Timur akan dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Ia berharap dengan terselenggaranya Rakercab IBI, maka pelayanan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan bayi dapat lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Sosok Ivan Gunawan, Kenalkan Motif Sorume Khas Kolaka Timur di Brand Hijab Mandjha

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, agar Kolaka Timur dapat menurunkan angka kematian bayi dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas," harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan, usai rapat diharap dapat membuat perencanaan, strategi dan bergerak cepat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak secara berkualitas.

"Terutama yang berada di pelosok desa dan kecamatan agar ibu hamil dapat melahirkan dengan aman, ibu dan bayi selamat dan sehat serta terhindar dari stunting," jelasnya.

Azis menambahkan, profesi bidan diakui sebagai tenaga profesional, bertanggungjawab dan akuntabel yang bekerja sebagai mitra perempuan.

"Sementara untuk mewujudkan bidan profesional perlu pembinaan atas dasar sistem karir dan sistem prestasi kerja kesemuanya, yang didukung dengan sumber daya manusia berkualitas," jelasnya.

Azis juga menjelaskan IBI harus dapat meningkatkan kualitas kinerja, salah satunya mengikuti seminar, dengan kinerja baik dan berkualitas seorang bidan, mampu memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan rakercab IBI Kabupaten Kolaka Timur yang akan dilaksanakan pada hari ini," ungkapnya.

Baca Juga: Panen Raya Ratusan Hektare Sawah di Kolaka Timur

Azis juga menuturkan keberadaan bidan sangat strategis untuk pembinaan, pelayanan dan pembangunan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Kolaka Timur.

"Terlebih lagi, tugas pokok dan fungsi bidan itu merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat," tuturnya.

Azis berharap agar bidan dapat terus menunjukkan peran di tengah masyarakat, sebagai pelayan kesehatan perpanjangan tangan pemerintah di sektor kesehatan dalam menciptakan kesehatan ibu dan anak yang unggul, sehat dan berkualitas. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga