Ide Siomai Parende, 3 Mahasiswa UHO Raih Juara pada Noble Unesa

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Ide Siomai Parende, 3 Mahasiswa UHO Raih Juara pada Noble Unesa
Tiga Mahasiswa UHO berhasil menjadi juara dua pada Noble Unesa atau lomba nasional business plan competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (HMJ Kimia) Fakultas Matetika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Foto: Ist.

" Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari meraih juara dua dalam lomba Noble Unesa atau lomba nasional business plan competition "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari meraih juara dua dalam lomba Noble Unesa atau lomba nasional business plan competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia (HMJ Kimia) Fakultas Matetika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya.

National Business Plan Competition Of Chemistry (NOBLE) Unesa merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh HMJ Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya yang diadakan pada 2 Juli 2023.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan, berdedikasi, dan motivasi untuk mengembangkan diri dalam menghadapi era endemik serta dapat membangkitkan ekonomi Indonesia.

Ketiga mahasiswa UHO ini bernama Sitti Fatimah Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Windyana Azzahra Putri Rachmat Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Ida Fadhilah As'Adiyah Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Mereka membawa ide bisnis di bidang kuliner dengan mengenalkan makanan khas Sulawesi Tenggara, sinonggi atau sagu dan parende yang diolah menjadi siomai parende dan diberi nama Si Opa. Siomai yang terbuat dari sagu yang dipadukan dengan kuah parende, menarik banyak perhatian karena kombinasi rasanya yang cocok.

Baca Juga: Sisihkan 14 Perguruan Tinggi, UHO dan PPNP Raih Juara 1 Kompetisi Esai Nasional

Salah seorang tim, Siti Fatimah mengatakan, selain karena dua komponen tersebut serasi untuk dihidangkan menjadi camilan siomai, alasan utama memilih dua bahan dasar yaitu sagu dan kuah parende, karena ingin berinovasi terhadap pangan lokal Sulawesi Tenggara.

"Karena lomba di sana diadakan bazar produk jadi selain dari latihan presentasi, yang kami siapkan juga tentunya produk kami mulai dari siomainya itu sendiri, packaging sampai dengan  perlengkapan-perlengkapan bazar lainnya kami persiapkan dengan baik," beber Fatimah, Rabu (5/7/2023).

Dengan persiapan yang cukup matang, ketiga mahasiswa ini berangkat ke Surabaya untuk memamerkan hasil produk yang mereka ciptakan hingga akhirnya mendapat juara dua, sedangkan juara satu diraih oleh mahasiswa dari Universitas Gajah Mada.

Windyana Azzahra Putri Rachmat mengatakan, persiapan mereka kurang lebih satu bulan dan dirinya berharap bisnis yang telah dirancang bersama ini bisa direalisasikan di kemudian hari, bukan hanya rencana semata.

Baca Juga: Lolos Seleksi Kabupaten, Pelajar Smager Reo Ikut Kompetisi OSN Tingkat Provinsi

Sementara itu, Ida Fadhillah As'Adiyah sangat bersyukur dengan perstasi yang telah diarihnya dan rekan-rekannya.

"Setelah sebelumnya saya sempat pesimis karena satu dan lain hal, namun berkat usaha dan doa, Alhamdulillah kami bisa membawa nama baik Universitas Halu Oleo di ajang nasional. Terima kasih untuk orang tua, teman-teman, dan orang-orang yang sudah membantu dalam proses ini," ujarnya.

Dia berharap produk Si Opa ini dapat berkembang dengan baik dan berhasil memberdayakan pangan lokal serta memperkenalkan makanan khas Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga